5 Jenis Penyakit Hernia Pada Anak

5 Jenis Penyakit Hernia Pada Anak

Permasalahan penyakit hernia bukan cuma terjadi pada seseorang yang sudah dewasa. Pada dasarnya, hal ini juga berpotensi pada anak. Dengan begitu, tentu membutuhkan penanganan yang cepat supaya tidak berakibat fatal. Selain itu, penyakit hernia yang terjadi pada anak-anak banyak macamnya. Lantas, apa saja sebenarnya jenis penyakit hernia pada anak? Berikut ini informasi lengkapnya:

1. Hernia Umbilikalis

Hernia Umbilikalis adalah jenis hernia yang disebabkan oleh organ pencernaan usus, dimana menimbulkan tonjolan di area umbilikus. Hal itu dapat terjadi karena ring di bagian tali udel tidak bisa menutupi dengan sempurna. Hasilnya, membuat organ usus menonjol ke arah luar.

Sementara itu, ciri-ciri hernia umbilikalis ditandai dengan adanya tonjolan berwarna merah yang ada di area jaringan umbilikalis. Lalu, pertanda  lainnya adalah anak mengalami muntah-muntah, sehingga membuat orang tua harus menjaga asupan cairan tubuh penderita agar tidak lemas. Caranya yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih setiap hari.

Akan tetapi, untungnya penyakit hernia tersebut dapat tertutupi secara otomatis pada umur empat hingga lima tahunan. Hingga akhirnya, pasien hernia umbilikalis bisa cepat sembuh dengan baik. Tetapi, apabila penderita hernia Umbilikalis belum bisa disembuhkan, maka dapat dilakukan tindakan operasi besar di rumah sakit oleh dokter spesialis penyakit dalam.

2. Hernia Tipe Hiatus

Sakit hernia dengan tipe hiatus merupakan hernia yang menyerang bagian lambung. Adapun, penyebabnya yaitu organ pencernaan yang mengalami sakit amat berat. Hal ini tentu saja menimbulkan pembengkakan di bagian organ diafragma  paru-paru. Penderita hernia pun mengalami kesakitan seperti layaknya penderita asam lambung karena menyerang bagian pencernaan.

Sementara itu, untuk memastikannya lebih lanjut bisa dengan melakukan pengecekan di fasilitas kesehatan terdekat. Tujuannya, agar pasien hernia hiatus bisa ditangani secara serius. Selain itu, agar sakit perut yang diderita oleh pasien hernia hiatus akan menghilang dengan sempurna. Tujuannya agar pasien dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman.

3. Hernia Inguinalis

Penyakit hernia pada anak,  yang ketiga adalah hernia berjenis Inguinalis. Klasifikasi penyakit hernia ini terjadi di inguinalis atau daerah alat vital lelaki yang tidak tertutup dengan sempurna. Riset dari lembaga kesehatan anak-anak pun menyebutkan bahwa, sekitar 3,5 persen anak berpotensi menderita hernia inguinalis.

Oleh karena itu, segeralah tangani segera pasien hernia inguinalis. Hal itu bertujuan agar anak-anak bisa pipis dengan baik. Pasalnya, penderita hernia inguinalis dapat menyebabkan gangguan buang air kecil pada anak-anak.

4. Hernia Epigastrik

Sakit hernia Epigastrik merupakan jenis hernia yang terjadi di wilayah tengah-tengah antara bagian udel dan bagian dada. Adapun, faktor penyebab dari hernia satu ini adalah otot perut yang mengalami tegangan hebat atau karena lemahnya otot perut.

Tak mengherankan apabila hernia epigastrik seringkali disebut sebagai jenis hernia paling ringan. Sebab, penyakit ini tidak bergejala apapun sampai akhirnya bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, jika membuat pasien hernia epigastrik merasa tidak nyaman, penderita perlu segera dioperasi. Alasannya,  agar penderita hernia epigastrik cepat pulih.

5. Hernia Insisional

Tipe penyakit hernia yang terakhir yaitu hernia insisional. Penyakit satu ini disebabkan oleh organ pencernaan, khususnya pada bagian usus yang menghadap keluar. Penyebabnya adalah karena luka sehabis tindakan pembedahan yang tidak tertutup dengan sempurna. Akibatnya, bekas operasi tersebut akan menyebabkan pasien pasca operasi menderita hernia insisional.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai 5 jenis penyakit hernia pada anak. Informasi tersebut tentunya dapat membantu pembaca untuk mengenali lebih jauh tentang jenis-jenis penyakit hernia pada anak. Tujuannya adalah agar anak bisa mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai jenis hernia yang dideritanya.

 

 

 

Sumber:

https://www.orami.co.id/magazine/6-jenis-hernia-pada-anak/

https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/penyakit-pada-anak/hernia-pada-bayi/

https://www.alomedika.com/penyakit/bedah-umum/hernia-umbilikalis

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.