5 Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Dan Cara Mengatasinya

penyebab flashdisk tidak terbaca

Flashdisk dapat dibawa kemana saja dan digunakan untuk menyimpan file sebanyak-banyaknya file sesuai kapasitasnya. Mengingat kemudahan dan keuntungan dari pemakaian flashdisk, namun ternyata seringkali menyebabkannya tidak bisa terbaca dan menyusahkan penggunanya. Maka dari itu, ada baiknya mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca agar tahu penanganannya jika mengalaminya seperti di bawah ini:

1. Pelepasan Flashdisk Tidak Tepat

Penyebab flashdisk tidak terbaca karena melepas flashdisk dengan cara yang tidak benar atau salah. Contohnya melepas flashdisk tanpa di eject, mencopot flashdisk padahal file masuk terbuka atau masih dalam proses transfer file dan lain-lain. Tindakan-tindakan tersebut dapat menyebabkan data corrupt sehingga flashdisk tidak dapat dibaca di komputer pengguna.

Untuk memperbaikinya bisa dengan memakai management tools agar data dapat dibaca lagi. Langkah-langkah memperbaikinya mudah, cari terlebih dahulu disk management, setelah ketemu langsung klik kanan pada flashdisk pengguna. Tersedia beberapa pilihan, salah satunya properties langsung pilih dan klik opsi tools. Kemudian akan muncul kotak pemberitahuan, lalu cari scan & repair Drive dan tunggu sampai proses perbaikan selesai dilakukan.

BACA JUGA   5 Cara Ngecek RAM Laptop yang Mudah Dilakukan

2. Penggunaan Flashdisk Saat Komputer atau Laptop mati

Sebelum menggunakan laptop disarankan untuk melihat dayanya terlebih dahulu, apakah masih cukup untuk melakukan proses pemindahan data. Tentu jika tiba-tiba laptop mati, maka flashdisk masih terpasang dan seringkali akan langsung dicabut dari port USB laptop. Akibatnya akan berdampak pada data-data di dalam flashdisk yang tidak bisa dibaca saat memasangkannya di perangkat.

Selanjutnya untuk memastikan flashdisk masih berfungsi atau tidak, pengguna bisa memasang flashdisk ke laptop dan cek apakah dapat terdeteksi dan filenya bisa dibuka atau tidak. Jika tidak dapat terbaca, maka berarti flashdisk bermasalah. Biasanya untuk mengatasinya dapat diatasi dengan menggunakan device manager, dimana pengguna harus meng-uninstall driver flashdisk.

3. Port USB Untuk Flashdisk Rusak

Port USB rusak juga dapat menjadi penyebab flashdisk tidak terbaca saat dipakai. Posisi pemasangan flashdisk juga harus tepat di port USB. Maka dari itu, jika tidak bisa, lepaskan flashdisk dan coba pasang beberapa kali di komputer atau laptop lain. Apabila terbaca di komputer lainnya, kemungkinan port USB komputer pengguna rusak atau bermasalah.

Solusi untuk masalah ini hanya dengan mengganti port USB komputer atau laptop dengan yang baru. Penggantian juga harus dilakukan di tempat yang terpercaya agar tidak merusak komponen lainnya dan mendapatkan barang asli. Setelah melakukan penggantian, pastikan untuk merawat dan mengecek port USB secara rutin agar tidak bermasalah jika digunakan.

BACA JUGA   Cara Mengatasi Lарtор Tidak Bisa Nуаlа Tарі Lаmрu Power Hіduр

4. Flashdisk Terkena Virus

Penggunaan flashdisk yang sering dipakai bergantian di banyak komputer juga dapat membawa virus pada flashdisk. Virus yang masuk terkadang tersembunyi sehingga pengguna kadang tidak tahu. Inilah yang membuat komputer harus dipasang Smadav untuk mendeteksi adanya virus di dalam flashdisk. Pastikan pula Smadav yang terpasang versi terbaru supaya tetap menjaga komputer atau laptop tetap aman dari virus.

5. Masalah Pada Flashdisk

Tidak terbacanya flashdisk juga disebabkan oleh flashdisk tersebut yang bermasalah. Misalnya saja seperti ada komponen flashdisk bermasalah, terkena air, terkena kotoran atau debu, Flashdisk palsu atau kw dan sebagainya. Pembelian dan perawatan flashdisk harus diperhatikan dengan tujuan tidak menyebabkan masalah saat dipakai.

Itulah penyebab flashdisk tidak terbaca beserta solusinya yang dapat dipakai jika mengalami hal serupa. Pengguna harus memastikan membeli flashdisk di toko resmi agar barang yang didapat awet dalam jangka panjang. Bandingkan harga flashdisk dan jangan sampai mendapatkan flashdisk dengan harga mahal tapi kualitas jelek. Rawatlah flashdisk dengan baik serta simpan di tempat aman yang jauh dari air, debu ataupun kotoran.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *