Beberapa Cara Mengembalikan Data Flashdisk yang Terformat Paling Mudah

cara mengembalikan data flashdisk yang terformat

Flashdisk merupakan alat penyimpan data yang banyak digunakan karena ukurannya yang cukup handy. Namun, permasalahan yang sering terjadi adalah virus pada flashdisk sehingga pengguna harus memformatnya. Karena terlalu terburu-buru, banyak orang lupa menyalin data hingga seluruh data hilang. Berikut ini merupakan cara mengembalikan data flashdisk yang terformat:

1. Menggunakan Software Recuva

Bagi pengguna PC atau laptop, Recuva mungkin sudah sangat familiar. Aplikasi ini dapat memulihkan data yang telah terformat pada flashdisk dengan proses yang mudah. Recuva bahkan dapat mengembalikan file yang tidak dapat ditemukan di Recycle bin dengan waktu yang singkat.

Adapun cara pencarian file pada Recuva cukup mudah. Pengguna dapat membuka aplikasi dan menentukan lokasi penyimpanan yang terhapus. Lalu pengguna dapat memilih “Next” bila sudah yakin dan “I’m Not Sure” bila masih ragu dengan tempat penyimpanan. Klik start dan tunggu aplikasi memulai proses pencarian. Kemudian, pilih file yang ingin dikembalikan dan mulai proses Recover file.

2. Menggunakan Software Disk Drill

Selain Recuva, software Disk Drill adalah salah satu cara mengembalikan data flashdisk yang terformat dengan mudah. Pengguna dapat memulihkan berbagai jenis file seperti dari foto, video, audio, dokumen, archive, dan jenis file lainnya.

BACA JUGA   7 Cаrа Mеmреrbаіkі Lарtор Lауаr Hіtаm. Sіmаk Dеtаіlnуа Bеrіkut

Untuk melakukan pencarian file di Disk Drill, pengguna dapat langsung masuk pada aplikasi dan pilih lokasi file yang ingin kamu pulihkan. Kemudian, pengguna dapat memulai pencarian data apabila data sudah muncul dapat langsung di klik untuk memilih. Saat data sudah tersedia, pengguna dapat langsung menekan “Recovery” untuk mengembalikan data.

3. Menggunakan Software EaseUS Recovery Wizard

Tersedia dalam mode gratis, software EaseUS Recovery Wizard menjadi salah satu pemulih memori yang banyak disukai. Software ini memiliki fitur menarik yaitu quick scan yang dapat melakukan pencarian singkat dan deep scan untuk mencari lebih teliti file yang terformat membutuhkan waktu relatif lebih lama.

Cara pemulihan data dari Software ini tidak jauh beda dengan beberapa aplikasi lainnya. Pengguna cukup memilih lokasi yang akan dicari datanya, lalu klik start pencarian. Setelah file yang ingin dipulihkan tersedia, lakukan “Recovery” untuk memulihkan data.

4. Menggunakan Software PhotoRec

PhotoRec adalah jenis software pemulih data yang dapat diaplikasikan secara gratis. Pada aplikasi ini, pengguna dapat memulihkan data dalam waktu yang singkat. Keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuan membaca dan melakukan pencarian data dengan cepat.

BACA JUGA   5 Penyebab Laptop Asus Tidak Bisa Masuk Windows dan Solusi Lengkapnya

Keunggulan lain dari software PhotoRec adalah kemampuannya untuk melakukan “unformat”. Pada fitur ini, pengguna bisa mendapatkan Kembali seluruh file yang telah terformat pada file semula sebelum mengalami format. Terakhir, Software PhotoRec juga dapat mengembalikan file yang direktorinya sudah rusak.

5. Menggunakan Software Recover My Files

Software Recover My Files mengembalikan file maupun dokumen yang telah terformat di flashdisk. Selain itu, file bermasalah yang telah dikosongkan pada Recycle bin dan file yang hilang akibat sistem, maupun hilang akibat virus juga dapat dikembalikan melalui Recover My Files.

Pada saat proses pencarian, pengguna dapat memilih opsi pencarian biasa dan deep scan. Dengan opsi pencarian biasa, pengguna dapat menemukan berbagai file yang dicari dengan proses yang singkat. Sedangkan pada opsi deep scan, proses pencarian dilakukan lebih detail sehingga proses memakan waktu lebih lama.

Dengan menggunakan beberapa software diatas, cara mengembalikan data flashdisk yang terformat dapat dilakukan dengan mudah. Selain mengembalikan data pada flashdisk, beberapa software diatas juga dapat memulihkan data di hard disk, SD Card, dan beberapa penyimpanan lainnya.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *