Berapa Biaya dan Keuntungan dari Sebuah Blog ?

Berapa Biaya dan Keuntungan dari Sebuah Blog

IwanWahyudi.com – Berapa Biaya dan Keuntungan dari Sebuah Blog. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang:

  • Biaya pembuatan 1 blog
  • Tips menghitung penghasilan dari 1 blog
  • Peluang kerja sama lainya dari sebuah blog

Ok sudah siap ya. Kita akan bahas satu- persatu….

Biaya pembuatan Blog

Sebenarnya pembuatan blog itu biayanya tidak sama satu sama lainnya. Tapi sebagai informasi dari saya, bahwa blog untuk jasa penulisan itu sudah cukup memadai dengan biaya sekitar 1,5 juta per tahun.

Murah sekali?

Ya, memang murah. Karena dengan biaya sebesar itu berarti ada beban anggaran hanya 125 ribu rupiah saja per bulannya, meski memang pembayaran blog ini memang sebaiknya dilakukan sekali supaya lebih murah.

Biaya diatas adalah biaya blog dengan tempilan standar. Masih banyak blog yang biayanya lebih tinggi dari itu. Semuanya tentu menyesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi blognya.

Potensi Penghasilan dari Sebuah Blog

Dengan anggaran sekitar 125 ribu rupiah per bulan ini, potensi penghasilan setiap blog juga bervariasi. Pengalaman saya yang mempunya jasa penulisan, pada awalnya penghasilan blog untuk penulisan (yang hanya menerima jasa penulisan artikel) adalah di kisaran 3 – 6 juta per bulan.

BACA JUGA   Bagaimana Cara Mendapat Uang dari Blog ?

Ini tentu tergantung bagaimana usaha pemilik blognya. Banyak blogger yang mendapatkan pengasilan lebih dari itu.

Bagaimana Seorang Blogger Mendapatkan Penghasilan?

Caranya sangat mudah. Cukup rutin update konten di blog, tentunya dengan tulisan yang berkualitas. Untuk pembahasannya tentu menyesuaikan dengan niche blog. Setelah posting di blog yang tidak boleh dilupakan adalah men share nya ke akun sosial media kita.

Siapa saja yang memerlukan blog?

Semua orang memerlukan blog. Mulai dari tokoh, artis, akademisi, pengusaha, dsb. Karena saat ini semuanya sudah serba internet, berbeda dengan zaman dulu yang biasanya pemilik web itu hanya perusahaan besar saja.

Kini, hampir setiap orang mulai merasa perlu memilki branding. Jadi jenis usaha apapun saat ini rata-rata sudah mempunyai blog sendiri. Apalagi mereka yang mulai sadar bahwa dengan blog mereka bisa mengumpulkan database konsumen yang pernah memakai / membeli barangnya, yang suatu saat bisa digunakan untuk beriklan di beberapa platform media sosial yang kian marak saat ini.

Bagaimana Peluang Kerja Sama lainnya dari Sebuah Blog?

BACA JUGA   Cara Menulis Artikel yang Baik di Blog

Kesempatan untuk kerjasama, kolaborasi dengan pihak lain akan terbuka lebar saat kita sudah punya branding. Alhamdulillah saya pribadi saat ini sudah mulai kerja sama untuk membantu penulisan buku dan konten perusahaan, berawal dari 1 blog saya yang saat ini berusia 7 tahun lebih.

Jadi pesan yang ingin saya sampaikan dalam artikel ini adalah, meski saat ini banyak orang yang menggunakan jejaring sosial untuk berinteraksi dan membanun bisnis, jangan pernah menganggap remeh keberadaann sebuah blog. Karena blog/ web tetap akan dibutuhkan sampai kapan pun sebagai alamat personal / perusahaan kita, apalagi di era internet seperti sekarang ini. Mungkin sekian pembahasan kita saat ini tentang Berapa Biaya dan Keuntungan dari Sebuah Blog.

Bagi kamu yang ingin tahu cara mendapatkan penghasilan dari blog, bisa baca disini.

 

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *