Cara Agar Video di Youtube Tidak Buram Supaya Penonton Lebih Nyaman

cara agar video di youtube tidak buram

Perkara video YouTube yang terlihat buram ketika diputar di laptop atau ponsel pintar adalah peristiwa yang sering dihadapi oleh penonton video YouTube. Penyebabnya bervariasi. Akan tetapi, yang paling banyak adalah tingkat resolusi video YouTube yang rendah. Lalu, apa saja  cara agar video di youtube tidak buram? Inilah penjelasan selengkapnya!

1. Memilih Video YouTube yang Menyediakan Kualitas Gambar Terbaik

Cara pertama yaitu memilih video YouTube yang menyediakan kualitas gambar terbaik. Sebab, tidak semua video Youtube memiliki resolusi yang minim yaitu 240 piksel.

Oleh karena itu, sebaiknya, orang yang ingin menonton video YouTube harus memilih video YouTube dengan kualitas video berdefinisi tinggi. Minimal resolusi 720 Piksel. Tujuannya, supaya video yang ditayangkan di YouTube tidak mengalami blur. Namun, jika pengguna YouTube ingin menonton video yang gambarnya lebih bagus. Misalnya, resolusi 1080 sampai 2160 pixel.

2. Mengganti Resolusi Video Youtube Menjadi Kualitas Gambar Tertinggi

Teknik kedua, yang bisa dilakukan oleh orang yang menyaksikan video YouTube adalah mengganti resolusi video YouTube menjadi resolusi paling tinggi. Hingga akhirnya, membuat kualitas gambar video YouTube menjadi lebih bagus. Kemudian, bagaimanakah step-step mengganti  resolusi video YouTube menjadi kualitas gambar tertinggi? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama, klik gambar roda bergerigi yang terdapat di kanan terbawah video YouTube.
  • Setelah itu, pilih resolusi yang paling tinggi. Contohnya resolusi 720P.
  • Terakhir, resolusi video YouTube akan berubah secara otomatis.
BACA JUGA   Inilah Cara Agar Tiktok Banyak Pengikut yang Belum Banyak Orang Tahu

Sementara itu, bagi pengguna smartphone, teknis untuk mengubah resolusi YouTube cukup mudah. Pengguna smartphone hanya perlu menekan simbol “tiga titik” yang ada di sebelah kanan judul video. Setelah itu, pilihlah resolusi video yang diinginkan. Step akhir, gambar video yang buram akan berubah dalam sekejap.

3. Menggunakan Aplikasi YouTube Premium

Aplikasi YouTube premium merupakan suatu cara agar video di youtube tidak buram yang paling efektif. Sebab, hanya dengan membayar kurang lebih 59.000 rupiah. Pengguna situs Youtube akan mendapatkan fitur bisa melihat video YouTube dengan gambar yang jernih. Berikutnya, bagaimana cara menaikan resolusi video dengan aplikasi YouTube? Inilah tahapan lengkapnya:

  • Step perdana, unduh aplikasi Youtube Premium di penyedia aplikasi Google.
  • Setelah selesai, silakan masuk ke dalam akun YouTube memakai Gmail.
  • Klik “dapatkan YouTube Premium.” Lalu, pengguna baru bisa mencoba gratis selama sebulan.
  • Step keempat silahkan cari video YouTube yang akan dilihat.
  • Langkah penutup, klik opsi”pengaturan.” Setelah itu pilih jenis picture resolution video YouTube sesuai keinginan.
BACA JUGA   Kenapa TikTok Lemot ? Inilah 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Pakailah Piranti Lunak YouTube Go Untuk Mengubah Ketajaman Gambar Video

Piranti lunak selanjutnya, yang dapat digunakan untuk mengubah ketajaman gambar video Youtube adalah memakai YouTube Go. Alasannya, karena perangkat lunak tersebut, bisa mengubah ketajaman gambar dengan simpel. Lantas, bagaimanakah cara mengubah ketajaman gambar video memakai Youtube Go? Simaklah pemaparannya berikut ini:

  • Tahap awal, pasang perangkat lunak YouTube Go di Toko Aplikasi Google dan Apple.
  • Login ke dalam akun YouTube Go memakai surel Gmail.
  • Tentukan video yang ingin dibuka di YouTube Go. Lalu, unduh video yang ingin ditonton.
  • Langkah penutup coba atur mutu gambar video di Youtube Go.

5. Ganti Ke Jaringan yang Lebih Stabil

Bila keempat cara yang telah diutarakan dalam pembahasan sebelumnya belum berhasil menyelesaikan masalah video YouTube yang tampak buram. Mungkin, solusi terakhirnya adalah mengganti ke jaringan yang lebih stabil. Pasalnya, jaringan yang tidak stabil akan menyebabkan kualitas gambar video YouTube menjadi tidak optimal. Karena terjadinya buffering. Jadi,  gunakanlah internet berkecepatan tinggi.

Itulah pembahasan lengkap tentang cara agar video di youtube tidak buram. Kelima cara tersebut, sudah terbukti ampuh untuk membereskan masalah video YouTube yang buram. Supaya penonton merasa nyaman.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *