3 Cara Melihat Pesan yang Sudah Dihapus di WA Tanpa Aplikasi yang Mudah

cara melihat pesan yang sudah dihapus di wa tanpa aplikasi

Pengguna WA barangkali pernah bertanya-tanya mengenai cara melihat pesan yang sudah dihapus di WA tanpa aplikasi dalam waktu relatif cepat. Pesan yang dihapus, seringkali membuat penasaran terhadap pesan tersebut. Artikel ini akan mengulas cara melihat pesan yang dihapus sebelum terbaca.

Cara yang bisa pengguna lakukan di antaranya dengan mengakses fitur Notification Log, fitur Reply, dan fitur Recent Backup. Pengguna dapat menjalankan cara yang paling mudah terlebih dahulu, lantas jika tidak berhasil mencoba cara berikutnya. Detail masing-masing caranya dipaparkan berikut ini:

1. Menggunakan Fitur Notification Log

Cara melihat pesan yang sudah dihapus di WA tanpa aplikasi pertama yang memungkinkan dilakukan yaitu lewat fitur Notification Log di smartphone. Fitur ini masih belum tersedia untuk semua smartphone. Pengguna yang memiliki smartphone dilengkapi Notification Log bisa menjalankan langkah berikut:

  • Langkah pertama, cukup tekan dengan lama tombol home pada perangkat smartphone milik pengguna.
  • Selanjutnya, akan terlihat menu widget. Klik menu tersebut, lalu pilihlah “Notification Log”.
  • Kemudian, silahkan tempatkan widget tersebut di bagian home screen smartphone.
  • Maka, seluruh notifikasi yang masuk ke smartphone akan terekam oleh Notification Log, termasuk pesan di WA yang dihapus oleh pengirim.
BACA JUGA   Ketahui Cara Mengatasi Hp Kena Air Dengan Beras Beserta Hal yang Perlu Diperhatikan

2. Menggunakan Fitur Reply

Alternatif berikutnya yaitu mengoptimalkan fungsi fitur Reply. Langkahnya sangat praktis untuk dijalankan oleh pengguna WA. Adapun rincian langkah yang harus dijalankan yakni sebagai berikut:

  • Pertama, saat pengguna chatting di dalam grup dan melihat pesan dihapus, tekan bubble atau gelembung chat itu dengan cukup lama.
  • Selanjutnya, pilih fitur “Reply”.
  • Maka, pesan yang dihapus akan terbaca pada kolom Reply yang telah pengguna klik tadi.

Perlu diketahui bahwa, cara ini hanya berlaku bagi pesan yang dihapus di dalam grup WA. Pesan yang dihapus di dalam chat pribadi tidak bisa dilihat menggunakan fitur Reply. Jadi, pengguna harus menempuh cara lain supaya bisa membaca pesan yang dihapus.

3. Melalui Fitur Recent Backup

Cara yang terakhir yang dapat dilakukan untuk melihat pesan yang sudah terhapus yakni melalui fitur Recent Backup. Alternatif terakhir ini bisa diterapkan jika cara melihat pesan yang dihapus di WA tanpa aplikasi yang sebelumnya tidak berhasil.

Cara ini dapat diterapkan di dalam grup maupun di dalam chat pribadi. Namun, hal yang perlu menjadi catatan adalah pastikan bahwa pengguna telah mengaktifkan backup chat, baik menggunakan Google Drive ataupun iCloud.

BACA JUGA   3 Cara Buka Situs yang Diblokir di Google Chrome di HP Tanpa Aplikasi, Dijamin Praktis!

Sebab, cara ini sangat bergantung pada data backup. Langkah untuk menjalankan cara ketiga ini adalah seperti berikut:

  • Pertama, uninstall aplikasi WhatsApp atau WA yang sebelumnya telah pengguna pasang di perangkat smartphone.
  • Kemudian, install ulang aplikasi WA.
  • Setelah itu, bukalah aplikasi WA. Lalu, akan muncul pertanyaan berupa “Restore Your Chat History”.
  • Pilih opsi “Restore” untuk mengembalikan data WA yang sebelumnya telah pengguna uninstall.
  • Selanjutnya, WA akan memproses pengembalian data akan terpulihkan. Tunggu beberapa saat hingga proses Restore selesai sepenuhnya.
  • Jika sudah, maka chat WA bisa diakses seperti semula. Pengguna bisa melihat pesan yang dihapus.

Demikian ulasan mengenai cara melihat pesan yang sudah dihapus di WA tanpa aplikasi tambahan yang dapat pengguna lakukan. Setiap cara mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan keperluan pengguna, dan jangan lupa perhatikan catatan pada masing-masing cara.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *