Cara Membersihkan RAM Hp Samsung dan Menghemat RAM Hp

cara membersihkan ram hp samsung

Pengguna smartphone khususnya merek Samsung seringkali tidak menyadari penggunaan RAM bisa membuat ponsel lemot. Untuk itu, perlu mengetahui cara membersihkan RAM Hp Samsung agar smartphone menjadi lebih ringan. Selain itu, juga sangat penting dilakukan untuk kesehatan Hp itu sendiri.

Cara Membersihkan RAM

Secara ringkas, pembersihan RAM cukup sederhana. Bisa dilakukan dengan menekan tombol recent app yang ada di samping tombol Home dan pilih tutup semua aplikasi. Untuk pembersihan menyeluruh, bisa memakai langkah berikut:

  • Pertama bisa membuka Setelan pada Hp.
  • Kemudian, geser ke bawah dan cari menu Perawatan Perangkat.
  • Jika sudah, lanjut dengan mengklik Memori. Maka kemudian akan diarahkan ke tampilan penggunaan RAM pada smartphone Samsung, pilih menu Hapus Sekarang.
  • Tunggu hingga proses penghapusan selesai.

Selain cara tersebut, pengguna juga bisa membuka menu pengaturan di HP Samsung. Caranya sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan Lainnya.
  • Pilih ‘Aplikasi Berjalan’. Nantinya akan muncul beberapa proses aplikasi dan sistem yang sedang berjalan di latar belakang dan RAM yang digunakan.
  • Pilih beberapa aplikasi atau sistem yang tidak dipentingkan untuk di-‘Paksa Hentikan’.
  • Selanjutnya, RAM akan berkurang penggunaannya sesuai aplikasi atau sistem yang dihentikan aktivitasnya.
BACA JUGA   Cara Mеmреrbаіkі Memory Cаrd уаng Ruѕаk dі Hр Andrоіd

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, selain dapat menghapus data pada RAM smartphone Samsung, pengguna juga mengontrol pengguna RAM agar lebih hemat. Kenapa demikian? Karena pada menu perawatan, akan ditampilkan statistik penggunaan aplikasi yang terinstall pada smartphone yang jarang digunakan tetapi menggunakan banyak RAM. Dengan begitu pengguna bisa uninstall aplikasi tersebut.

Cara Menghemat RAM

Selain langkah di atas, ada juga beberapa tips untuk menghemat penggunaan RAM pada Hp Samsung. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Memeriksa Penggunaan RAM

Pada mode perawatan, pengguna bisa mengetahui mana aplikasi yang memakan banyak RAM tetapi jarang digunakan. Dengan begitu, tentunya bisa dengan mudah melakukan uninstall aplikasi tersebut agar penggunaan RAM jadi lebih hemat.

2. Memilih Mode Disable Apps

Selain melakukan penghapusan aplikasi, pengguna juga bisa mengatur aplikasi yang digunakan hanya pada waktu tertentu. Seperti Aplikasi Google Meet Up yang hanya digunakan ketika pengguna akan meeting atau belajar secara online.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna tidak perlu menghapus Aplikasi Google Meet Up. Pengguna cukup melakukan pengaturan pada aplikasi tersebut ke mode disable apps, dengan cara klik Settings atau pengaturan–Apps yang akan pengguna hentikan sementara. Terakhir barulah klik disable.

BACA JUGA   4 Cara Menghilangkan Internet Positif Tanpa VPN di Android

3. Menonaktifkan Animations dan Transitions

Mungkin sebagai orang beranggapan bahwa Hp yang mengaktifkan Animations dan Transitions akan terlihat lebih keren. Akan tetapi, mereka tidak mengetahui bahwa Hp tersebut akan memakan ruang RAM lebih banyak. Maka dari itu, cara membersihkan RAM Hp Samsung dan menghematnya yaitu dengan menonaktifkan animations dan transitions.

Caranya klik Settings atau Pengaturan – Pilih Tentang Ponsel. Ketuk build number berkali-kali sampai muncul mode developer. Kembali ke menu Setelan, dan cari Menu Setelan Developer. Selanjutnya, matikan semua animasi yang aktif dalam setelan tersebut.

4. Menginstall Aplikasi Booster

Terakhir adalah menginstall aplikasi Booster. Dengan menggunakan aplikasi ini, smartphone Samsung pengguna akan lebih ringan dan lebih mudah menghapus cache tanpa masuk ke menu Settings atau Pengaturan terlebih dulu.

Demikian ulasan singkat mengenai cara membersihkan RAM Hp Samsung dengan mudah. Ketika menggunakan Android merek Samsung atau yang lainnya, maka ada baiknya bagi pengguna untuk tetap memperhatikan kondisi mesin maupun memori agar tetap awet. Gunakan Hp seperlunya sesuai dengan spesifikasi supaya tidak rusak.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *