Cara Memperbaiki HP Lemot dengan Mudah

cara memperbaiki hp lemot

Handphone sudah menjadi salah satu alat yang sangat lekat dengan banyak orang. Penggunaan handphone tentunya dapat membantu dalam aktivitas sehari-hari. Akan tetapi, hal ini dapat terhambat jika perangkat yang digunakan sering lemot atau lambat. Handphone lemot dapat diatasi dengan berbagai hal. Simak cara memperbaiki hp lemot agar dapat segera digunakan kembali berikut ini:

  1. Menghapus Data Tidak Penting

Salah satu alasan utama handphone menjadi lemot adalah karena memori yang penuh. Memori yang penuh dapat disebabkan karena ada banyak data atau file yang tidak penting. Beberapa hal yang dapat mengambil memori handphone adalah foto atau video dengan kapasitas besar.

Cara mengatasinya adalah dengan menghapus file atau data yang tidak penting. Hal ini bisa dilakukan secara berkala, terutama jika memori handphone sangat kecil. Jika memiliki SD card atau memori eksternal, file tersebut bisa dipindahkan sehingga tidak memakan memori internal. Data juga bisa di backup dan disimpan di laptop jika tidak mau dihapus.

2. Menggunakan Aplikasi Sesuai Kapasitas

Beberapa aplikasi handphone hanya cocok pada perangkat tertentu saja. Apabila handphone menjadi lemot saat membuka aplikasi, hal ini dikarenakan aplikasi melebihi kapasitas handphone. Cara memperbaiki hp lemot berikutnya adalah dengan menghapus aplikasi tersebut dan menggunakan aplikasi lainnya.

BACA JUGA   Cara Mеndоwnlоаd Fоtо dаrі Gооglе kе Galeri HP Android. Mudаh Sekali Tеrnуаtа !

Handphone juga seringkali memiliki aplikasi bawaan. Akan tetapi, tidak selamanya aplikasi bawaan ini dibutuhkan atau digunakan. Oleh karena itu, aplikasi bawaan dapat dihapus atau dinonaktifkan agar handphone tidak lemot. Hal ini juga mencegah memori handphone cepat penuh.

3. Membatasi Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus memang terkadang diperlukan. Akan tetapi, aplikasi ini sebetulnya tidak memiliki fungsi yang terlalu signifikan. Apabila ingin tetap menggunakan aplikasi antivirus, pastikan bahwa hanya memiliki satu aplikasi saja. Hal ini karena aplikasi antivirus terus berjalan di background dan berpotensi membuat handphone lemot.

Aplikasi yang terus berjalan di background akan terus memaksa RAM untuk bekerja. Oleh karena itu, jika RAM handphone kecil, tidak disarankan menggunakan aplikasi antivirus. Namun pengguna tidak perlu khawatir karena aplikasi antivirus sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Hanya perlu pastikan bahwa pengguna tidak sembarang mengunduh file dari internet.

4. Mengurangi Penggunaan Widget

Pengguna zaman sekarang senang sekali menggunakan widget. Hal ini karena fitur widget dapat membuat tampilan handphone lebih menarik, apalagi mengingat widget yang semakin beragam. Akan tetapi, terlalu banyak widget dapat membuat handphone jadi lemot.

BACA JUGA   Inilah Cara Mengatasi Sinyal WiFi Lemah di Android

Apabila senang menggunakan widget, pastikan bahwa widget yang digunakan memang widget yang penting. Seperti contoh, widget kalender atau notes yang digunakan sebagai pengingat. Pilihan widget seperti widget musik atau foto tidak disarankan karena akan terus berjalan di background dan dapat membuat handphone lemot.

5. Melakukan Factory Reset

Terkadang handphone sudah terlalu lemot atau lambat dan tidak bisa digunakan dengan maksimal lagi. Namun, pengguna tidak perlu putus asa. Pengguna dapat melakukan factory reset untuk mengatasinya. Akan tetapi, pastikan semua data yang penting sudah diunduh dan disimpan pada perangkat lainnya.

Factory reset berarti handphone dikembalikan seperti semula saat pertama kali dibeli. Hal ini berarti aplikasi dan data akan hilang dan handphone akan kembali layaknya baru. Keuntungannya, pengguna dapat memulai dari awal lagi dan performa handphone menjadi lebih cepat. Ini adalah jalan terakhir yang dapat dilakukan jika handphone sudah lemot.

Demikian berbagai cara memperbaiki hp lemot yang dapat dilakukan. Cara-cara ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan pribadi agar performa handphone lebih lancar. Hal yang paling penting adalah untuk tidak menggunakan handphone melebihi kapasitas yang seharusnya.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *