5 Cara Memperbaiki Hp yang Kena Air Supaya Ponsel tidak Rusak

cara memperbaiki hp yang kena air

Masalah ponsel pintar yang tidak sengaja terkena air merupakan hal yang sering dialami. Apalagi jika ponsel terkena air hujan akan menyebabkan semua bagian ponsel pintar basah semua. Sehingga harus segera dikeringkan agar tidak merusak bagian smartphone. Lalu, bagaimana cara memperbaiki hp yang kena air?

1. Cepatlah Mematikan Ponsel Pintar yang Terkena Air

Step pertama untuk menangani perkara smartphone yang terkena air yaitu cepat mematikan ponsel pintar yang terkena air. Karena, ponsel pintar yang masih menyala dalam keadaan basah akan menyebabkan komponen ponsel menjadi rusak. Oleh karena itu, pengguna telepon pintar harus bersabar menunggu hingga kering.

Bila perlu, pemilik handphone harus mengelap seluruh permukaan ponsel miliknya dengan lap kain. Supaya ponsel yang terkena air lebih cepat kering. Setelah semua bagian ponsel sudah mulai mengering, cobalah nyalakan kembali perangkat smartphone seperti biasa.

2. Lepaskan Komponen Baterai, Kartu Memori, dan Kartu Sim Ponsel

Teknik kedua, untuk mengatasi permasalahan hp yang terlanjur terkena air adalah melepaskan komponen baterai, kartu memori, dan kartu sim ponsel pintar. Hal itu bertujuan untuk menghindari baterai ponsel, kartu sim dan kemasukan air.

BACA JUGA   Cara Memindahkan Kontak dari Iphone ke Iphone Agar Tidak Hilang

Akan tetapi, pencopotan baterai hanya berlaku bagi baterai yang masih bisa dilepaskan dari smartphone. Sementara itu, bagi ponsel dengan sistem baterai tanam cara membersihkannya cukup di lap saja.

Menggunakan kain lap kering atau lap kanebo di permukaan baterai tanam. Selain itu, jangan lupa lap bagian dalam bagian slot kartu memori dan kartu sim ponsel. Tetapi, jangan lupa penutup bodi ponsel agar sisa air keluar.

3. Gunakan Vacuum Cleaner Untuk Menyedot Sisa Air yang Ada di Smartphone

Cara memperbaiki hp yang kena air, yang ketiga adalah menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa air yang masih ada di smartphone. Sebab, biasanya ada beberapa bagian ponsel yang tidak bisa dikeringkan menggunakan lap biasa.

Sehingga, pemakai ponsel pintar mau tidak mau harus memakai vacuum cleaner untuk menyedot air yang masih tersisa. Sedangkan, cara memakai vacuum cleaner untuk membersihkan sisa air yang masih tersisa adalah siapkan vacuum cleaner berukuran kecil yang dijual di toko daring.

Lalu, coba nyalakan vacuum cleaner mini yang baru saja dibeli di toko online. Langkah berikutnya, silakan sedot sisa air yang masih menempel di seluruh bagian ponsel pintar.

BACA JUGA   6 Cara Mengatasi Hp Samsung Mati Total Baterai Tanam Sendiri di Rumah

4. Taruh smartphone Ke Dalam Tumpukan Beras

Teknik keempat yang efektif agar perkara ponsel terkena air yakni menaruh smartphone ke dalam tumpukan beras. Adapun, tujuannya yaitu mengurangi kadar air yang ada di perangkat smartphone. Sementara itu, teknisnya yaitu pengguna hanya perlu memasukan ponsel yang sudah terbungkus plastik ke dalam tumpukan beras selama dua atau tiga hari.

Alasannya, agar ponsel yang terkena air akan lebih cepat mengering. Setelah itu, silakan nyalakan kembali ponsel yang sudah kering. Kemudian, ponsel pintar secara otomatis kembali berfungsi seperti sediakala.

5. Mengeringkan Ponsel dengan Silika Gel

Cara terakhir untuk menanggulangi permasalahan ponsel yang terkena air yakni mengeringkan ponsel pintar dengan silika gel. Sebab, silika gel bisa membantu menyerap air dengan maksimal. Lalu, cara mengeringkan ponsel dengan silika gel cukup mudah yaitu pemilik ponsel harus menonaktifkan smartphone miliknya.

Berikutnya, taruhlah smartphone ke dalam wadah yang berisi silika gel. Tahap berikutnya, tunggulah hingga 3 hari atau hingga ponsel sudah kering. Step akhir, nyalakan kembali ponsel yang sudah disimpan di wadah berisi silika gel.

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki hp yang kena air. Kelima cara itu, bisa membantu mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Supaya ponsel tidak rusak.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *