7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

 IwanWahyudi.com – Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error. Asyik bekerja di depan laptop lalu terkendala karena ada yang error ? tentu ini membuat kesal dan emosi. Tapi yang harus kita sadari bahwa bagaimanapun laptop ini buatan manusia, sebagu apapun performanya pasti suatu saat ada yang error.

Dari sekian banyak error yang terjadi pada laptop yang sering terjdi adalah error pada keyboard. Maklum sebagai bagian yang paling banyak digunakan keyboard bisa error kapan saja, apalagi jika tidak terawat atau kotor. Lalu bagaimana jika suatu saat keyboard laptop kamu mengalami error. Karena itulah artikel ini ditulis untuk membantu kamu semua dari masalah error keyboard pada laptop.

7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

  1. Melakukan restart pada laptop

Melakukan restart pada laptop ketika anda menyadari keyboard laptop error merupakan sebuah tindakan awal sebelum anda melakukan tindakan lebih lanjut. Jika setelah di restart keyboard masih tetap bermasalah, maka anda bisa mencoba beberapa langkah selanjutnya.

 

  1. Periksa numlock

Num Lock atau numeric lock merupakan sebuah tombol di dalam laptop yang jika diaktifkan hanya akan memasukan karakter berupa angka saja. Terkadang, tombol aktif karena tidak sengaja terpencet sehingga keyboard seperti error dan hanya mengeluarkan angka saja.

Cara yang dapat anda lakukan untuk mematikannya adalah dengan menekan beberapa tombol kombinasi pada laptop anda. Salah satunya adalah menekan tombol “Fn” + “NumLK” secara bersamaan. Tombol yang digunakan untuk setiap laptop terkadang berbeda. Sehingga, anda harus memahami betul mengenai kombinasi tombol pada laptop anda.

BACA JUGA   7 Cаrа Mеngаtаѕі Laptop Wіndоwѕ 7 Lemot. Bagamana Tаhараnnуа ?

 

  1. Periksa driver

Memerikasa driver pada laptop anda dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi keyboard yang eror. Hal ini bisa terjadi jika anda telah menginstal aplikasi atau software dari pihak ketiga, ternyata software atau aplikasi tersebut mengandung virus sehingga menginfeksi keyboard anda. Berikut caranya:

– Klik ikon Windows pada taskbar dan ketikkan “Device Manager” pada kolom search.

– Jika jendela Device Manager telah keluar, klik pada menu Keyboard.

– Jika terdapat tanda segitiga berwarna kuning (ikon warning), itu berarti keyboard anda tengah dalam masalah.

– Jika hal itu terjadi, anda dapat mendownload ulang driver terbarunya pada websire resmi laptop anda.

 

  1. Melakukan system restore

Melakukan System Restore juga dapat anda lakukan untuk memperbaiki laptop anda. Caranya adalah sebagai berikut:

– Klik menu start atau ikon windows pada taskbar.

– Ketik “Recovery” pada kolom search lalu kllik Ok.

Dengan melakukan cara ini berarti laptop yang anda gunakan akan kembali ke dalam keadaan sebelum anda melakukan penginstallan aplikasi. Ada baiknya sebelum melakukan ini anda mengbackup terlebih dahulu file yang ana miliki.

 

  1. Membersihkan debu dan kotoran

Debu dan kotoran dapat menjadi salah satu penyebab keyboard pada laptop anda mengalami eror. Karena, kotoran ini bisanya akan menutupi beberapa komponen pada keyboard.

BACA JUGA   Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Agar Berfungsi Sebagaimana Mestinya

Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan pembersih khusus keyboard yang banyak dijual di pasaran. Alatnya berbentuk seperti vacum kecil. Atau, anda bisa membawa laptop anda ke tukang service untuk dibersihkan.

 

  1. Melepas baterai laptop

Jika dengan melakukan beberapa cara keyboard anda tetap tidak bisa berfungsi secara normal, cobalah untuk melepas baterai laptop anda. Caranya adalah sebagai berikut:

– Matikan laptop dengan tombol Shutdown.

– Lepaskan baterai laptop dan tunggu kurang lebih 1 menit.

– Masukan lagi baterai ke dalam laptop lalu hidupkan kembali laptop anda.

 

  1. Periksa konektor

Keyboard yang error bisa terjadi karena adanya masalah pada konektor keyboard anda. Seperti tertekuk, renggang, atau terlepas. Untuk mengecek keadaan konektor keyboard pada laptop, anda harus melakukan bongkar pasang. Sehingga, jika anda tidak yakin untuk melakukannya sendiri sebaiknya bawa laptop anda ke tukang service laptop yang terpercaya.

 

Itulah pembahasan dari kami tentang 7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error. Semoga sangat membantu bagi kamu yang sedang mengalaminya. Bagi yang belum ini bisa jadi referensi bacaan bermanfaat bagi kamu.

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *