Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak Agar Kembali Berfungsi Normal

cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Permasalahan papan ketik laptop yang mengalami kerusakan adalah suatu hal yang lumrah dialami oleh pengguna laptop. Alasannya, keyboard laptop mengalami kesalahan pemakaian atau adanya debu yang menempel di papan ketik laptop. Akibatnya, keyboard tidak berfungsi secara maksimal. Kemudian, bagaimanakah cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak? Inilah penjelasan selengkapnya!

1. Memulai Kembali Nyalakan Laptop

Cara pertama, untuk memperbaiki keyboard laptop yang mengalami kerusakan adalah memulai kembali nyalakan laptop. Karena dengan memulai kembali laptop akan membuat sistem operasi laptop kembali normal. Selain itu, akan menyebabkan bagian papan ketik laptop berfungsi lagi. Sementara itu, cara melakukannya adalah bisa menekan tombol “mulai.” Selanjutnya, silakan tekan shut down.

Setelahnya, pencetlah tombol restart laptop. Apabila tidak bisa di restart, pemakai laptop bisa menekan tombol “daya laptop” selama lima detik. Langkah terakhir, cobalah nyalakan lagi laptop miliknya seperti biasanya.

2. Coba Instalasi Ulang Driver Papan Ketik Laptop

Teknis kedua, yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak yaitu mencoba menginstal ulang driver papan ketik laptop. Karena, bisa jadi penyebab terjadinya kerusakan papan ketik yang terdapat di laptop adalah driver laptop mengalami kerusakan. Sehingga, membuat pemakai laptop harus memasang driver keyboard . Tujuannya, agar keyboard kembali berfungsi.

BACA JUGA   Ketahui Penyebab Hardisk Tidak Terbaca Di BIOS Serta Penanganannya

Adapun caranya, pemakai komputer harus memasuki manajer perangkat di panel kontrol. Lalu, klik opsi “keyboard. Setelah itu, cek bagian driver keyboard yang ada di “manajer perangkat.” Selanjutnya, cek bagian driver keyboard. Bila ada tanda seru berwarna kuning. Artinya, driver laptop rusak. Solusinya, pasanglah driver keyboard yang tersedia di internet.

3. Membersihkan Debu yang Menempel di Keyboard Laptop

Membersihkan debu yang menempel di papan ketik adalah suatu cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Karena, debu yang menempel di papan ketik laptop akan menyebabkan kinerja keyboard laptop menjadi tersendat. Oleh karena itu, papan ketik komputer jinjing harus dibersihkan secara berkala. Sedangkan, step- step membersihkan keyboard adalah sebagai berikut:

  • Langkah awal nonaktifkan laptop terlebih dahulu. Kemudian, pakailah sikat kecil untuk membersihkan sela-sela papan ketik.
  • Selanjutnya, silakan gunakan pengering rambut untuk mengangkat sisa kotoran yang ada di keyboard. Namun, pemakai laptop harus berhati-hati memakainya. Sebab, kesalahan pemakaian pengering rambut akan membuat debu masuk ke dalam keyboard.
  • Tahap tiga, pemilik laptop bisa menggunakan penyedot debu berukuran mini. Supaya proses pembersihan laptop lebih cepat.
  • Step akhir, pemakai laptop dapat memakai kombinasi cairan pembersih laptop dan kain microfiber untuk membersihkan laptop. Akan tetapi, pakailah cairan pembersih komputer jinjing secukupnya saja. Alasannya, agar tidak ada cairan yang masuk ke dalamnya.
BACA JUGA   Kenapa Flashdisk Tidak Terbaca ? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Mematikan Tombol NumLock

Teknik nomor empat, yang bisa dikerjakan untuk memperbaiki laptop yang rusak adalah mematikan tombol num lock. Pasalnya, tombol numlock yang aktif dengan perpaduan tombol tertentu akan mengakibatkan keyboard error. Lalu, cara mengatasinya adalah pencetlah tombol FN dan numlock. Setelah itu, gunakan kembali keyboard laptop berfungsi seperti sediakala.

5. Mengganti Papan Ketik Laptop Dengan Keyboard Eksternal

Cara kelima, yang dapat dilakukan pemilik komputer jinjing untuk mengatasi perkara keyboard laptop yang rusak yakni mengganti papan ketik yang ada di laptop dengan keyboard eksternal. Alasannya, biaya perbaikan keyboard laptop sangat besar. Adapun harganya, hanya sekitar 49 ribu rupiah saja. Hal itu dapat menghemat anggaran perbaikan keyboard laptop sebesar Rp. 300.000.

Demikian, pembahasan terlengkap mengenai cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Kelima cara tersebut, tentunya dapat membantu mengatasi permasalahan keyboard laptop yang mengalami kerusakan. Agar kembali berfungsi normal.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *