Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis Supaya Kembali Normal

cara mengatasi baterai hp cepat habis

Masalah baterai ponsel yang cepat habis merupakan hal yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone. Penyebabnya bermacam-macam. Salah satunya adalah aplikasi yang terinstal di ponsel pintar terlalu banyak menguras daya baterai. Sehingga ponsel cepat kehabisan baterai. Kemudian bagaimanakah cara mengatasi baterai hp cepat habis? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya!

1. Mengatur Brightness dan Tingkat Penyegaran Layar

Langkah pertama untuk memecahkan permasalahan baterai ponsel yang cepat sekali habis yaitu mengatur brightness dan tingkat penyegaran layar. Adapun alasannya, disebabkan oleh tingkat kecerahan dan penyegaran layar yang terlalu tinggi. Lalu, bagaimana caranya mengatur  brightness dan penyegaran layar? Inilah informasi terlengkapnya:

  • Step awal, masuklah ke “pengaturan ponsel pintar android”.
  • Kemudian klik menu “display”. Setelah itu, pilih opsi brightness. Setelah itu, tekanlah tombol “kecerahan layar adaptif atau otomatis.
  • Lalu klik tombol “oke”.

Sementara itu, untuk mengatur tingkat penyegaran layar telepon pintar bisa masuk ke pengaturan setelan android. Selanjutnya, silahkan atur penyegaran layar menjadi 60 hertz atau yang paling rendah. Step terakhir, silakan pilihlah tombol “oke.”

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi Ram Penuh di Ponsel Android Supaya Lebih Lancar

2. Hapuslah Aplikasi Handphone yang Menghabiskan Daya Baterai

Cara kedua, yang bisa dikerjakan oleh user ponsel android dan iPhone dapat teratasi adalah menghapuskan aplikasi yang menghabiskan daya baterai ponsel. Lalu, bagaimana cara menghapuskan aplikasi handphone yang menghabiskan daya baterai? Simaklah seluruh tahapannya berikut ini:

  • Pertama cek dulu aplikasi yang menghabiskan daya baterai. Caranya, pilihlah menu “settingan ponsel android.” Lalu, kliklah opsi “baterai’ dan amati aplikasi yang banyak menghabiskan baterai.
  • Selanjutnya, copot instalasi aplikasi android dengan cara tekan dan tahan aplikasi yang menghabiskan daya baterai. Lalu, geserlah ke ikon tong sampah.

Sedangkan cara lainnya, pemakai telepon seluler hanya tinggal membuka “pengaturan ponsel.” Kemudian, pilih option aplikasi. Langkah berikutnya, tentukan aplikasi yang ingin dihapus. Tahap penutup, tekanlah tombol “mencopot pemasangan aplikasi.” Selanjutnya, aplikasi di ponsel akan terhapus sendiri.

3. Gunakanlah Fitur Hemat Daya Baterai yang Ada di Dalam Smartphone

Cara mengatasi baterai hp cepat habis yang ketiga adalah menggunakan fitur penghematan daya baterai yang ada di smartphone. Tujuannya, tentu saja supaya daya baterai tidak cepat kehabisan. Sehingga, ponsel tahan lama. Lantas, apa sajakah fitur menggunakan fitur hemat daya baterai yang ada di smartphone? Mari bacalah informasinya berikut ini?

  • Langkah awal, masuklah ke dalam menu “setelan ponsel pintar”.
  • Setelahnya, klik pilihan “daya baterai”.
  • Tahap penutup pilih option “penghemat baterai ponsel”.
BACA JUGA   5 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri dan Tidak Bisa Hidup dengan Mudah

4. Memakai Mode Pesawat Ketika Signal Ponsel Memburuk

Teknis nomor empat untuk menyelesaikan masalah ponsel yang mengalami kehabisan baterai adalah memakai mode pesawat ketika signal ponsel memburuk. Supaya ponsel pintar tidak terus-menerus melakukan pencarian signal ponsel. Lalu, bagaimana langkah-langkah mengaktifkan mode pesawat di ponsel pintar? Simaklah penjelasannya berikut ini:

  • Tahap awal, masuklah ke menu “setting android phone.”.
  • Proses berikutnya, pilih aktifkan “mode pesawat”.
  • Secara otomatis ponsel akan menampilkan simbol “mode pesawat.”.

5. Melakukan Pergantian Baterai yang Cepat Habis

Apabila, gejala kehabisan baterai ponsel sudah sangat parah, sebaiknya, baterai ponsel segera diganti. Agar baterai ponsel tidak cepat habis. Namun, usahakan membeli baterai yang asli. Agar baterai ponsel mempunyai daya tahan lebih lama. Sebab, baterai ponsel yang tidak asli memiliki masa pakai yang pendek.

Demikian pembahasan lengkap tentang cara mengatasi baterai hp cepat habis. Informasi tersebut, tentunya sangat berguna bagi pemakai ponsel pintar yang sering kehabisan baterai ponsel. Supaya kembali normal.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *