Begini Cara Mengatasi Gusi Bengkak Pada Anak Beserta Penyebabnya

Begini Cara Mengatasi Gusi Bengkak Pada Anak Beserta Penyebabnya

Gusi bengkak biasanya ditandai dengan munculnya benjolan berwarna merah pada gusi.  Kondisi gusi yang membengkak ini tentu akan membuat aktivitas anak terganggu. Dengan begitu, orang tua harus mengetahui sebab serta cara mengatasi gusi bengkak pada anak yang sebenarnya bisa dilakukan di rumah.

Pada umumnya, orang tua akan menyamakan perlakukan gusi bengkak pada anak dengan orang dewasa. Padahal tidak semua perlakuan tersebut bisa dilakukan, terutama kepada anak. Berikut ini merupakan penyebab gusi bengkak pada anak beserta cara mengatasinya yang wajib diketahui:

Kenali Dulu Penyebab Gusi Mengalami Pembengkakan

Ketika anak mengalami pembengkakan pada gusi, sebaiknya cari tahu dulu penyebabnya. Hal ini dilakukan agar penanganan yang dilakukan terhadap gusi bengkak sesuai dengan permasalahannya. Adapun penyebab gusi bengkak pada anak yaitu:

  • Bertumbuhnya gigi. Pada kasus seperti ini, wajar apabila gusi membengkak. Biasanya bengkak akan muncul pada area munculnya gigi.
  • Mulut kurang bersih. Orang tua harus mengajarkan untuk tidak memasukkan benda ke dalam mulut. Selain itu, ajarkan untuk menyikat gigi sebelum tidur agar mulut selalu bersih.
  • Kurangnya vitamin dan nutrisi. Gusi yang membengkak menjadi salah satu ciri kurangnya asupan vitamin dan nutrisi pada anak.
  • Infeksi pada gigi. Biasanya infeksi pada gigi terjadi akibat bakteri yang masuk ke dalam mulut. Segera periksakan pada dokter gigi.
  • Radang gusi. Tidak hanya infeksi, radang gusi akibat bertumpuknya plak pada gigi juga dapat mengakibatkan gusi mengalami pembengkakan.

Lakukan Hal Ini Ketika Gusi Bengkak

Orang tua bisa melakukan berbagai cara mengatasi gusi bengkak pada anak. Untuk melakukan pertolongan pertama ini, orang tua bisa melakukannya di rumah. Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu:

1. Berkumur Air Garam

Sejak zaman dahulu, berkumur menggunakan air garam ketika gusi bengkak selalu dianggap sebagai hal yang efektif. Hal ini dikarenakan garam memiliki zat aktif yang bekerja untuk menghilangkan bakteri maupun kuman penyebab gusi membengkak.

Untuk membuat ramuan ini, siapkan satu gelas yang diisi air hangat. Lalu campurkan air hangat tersebut dengan sedikit garam. Kemudian kumur-kumur menggunakan air garam tersebut selama beberapa detik agar menjangkau seluruh mulut.

2. Kompres Gusi Menggunakan Es Batu

Siapkan selembar kain yang diisi dengan beberapa bongkah es batu. Kemudian letakkan kain tersebut pada bagian gusi yang mengalami bengkak. Sensasi dingin es batu akan membuat saraf gusi mati rasa.

Selain itu, aliran darah penyebab pembengkakan akan melambat. Cara mengatasi gusi bengkak pada anak menggunakan es batu dinilai cukup efektif karena alat dan bahan yang mudah didapatkan.

3. Hindari Makanan Bercita Rasa Kuat

Ketika gusi mengalami pembengkakan, jangan biarkan anak tetap mengkonsumsi makanan maupun minuman yang memiliki rasa manis. Hal ini dikarenakan gula akan merangsang munculnya plak gigi dan juga bakteri, sehingga pembengkakan akan semakin parah.

Tidak hanya manis, makanan yang bercita rasa asam dan pedas juga harus dihindari untuk sementara waktu. Berikan sayur dan buah-buahan yang cukup sebagai pengganti camilan.

4. Minum Air Putih

Ketika seorang anak minum air putih, maka secara tidak langsung sisa makanan yang tertinggal pada mulut akan diproses. Selain membersihkan mulut, minum air putih juga meningkatkan kelembapan pada mulut.

Untuk membersihkan mulut pada anak, cukup gunakan air putih saja. Anak-anak tidak disarankan untuk menggunakan obat kumur karena kandungannya yang keras dapat membuat gusi makin bengkak.

Cara mengatasi gusi bengkak pada anak memang cukup mudah untuk dilakukan. Selain keempat cara di atas, orang tua juga perlu memberikan ilmu mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Lakukan pendekatan agar anak mau mendengarkan dan mudah memahami pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi.

 

Baca artikel lainnya di IwanWahyudi.com 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.