5 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Baterai Tanam dengan Mudah

cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam

Memiliki HP yang baterainya tanam memang cukup riskan, karena jika mengalami kerusakan pada baterai akan susah diperbaiki. Apabila kemasukan air pun bisa konslet. Jika terjadi demikian tak perlu panik, karena cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam ini bisa dicoba:

1. Keringkan dengan Beras

Beras tak hanya bisa dimasak saja, melainkan juga bisa digunakan untuk mengatasi HP yang tidak sengaja kemasukan air. Fungsi dari beras ini yaitu mengeringkan HP tersebut sehingga air yang ada di dalamnya bisa keluar. Pengguna tak perlu membelinya karena tersedia dirumah.

Cara melakukannya pun tak sulit yaitu dengan mengambil 1 mangkok beras secara penuh. Selanjutnya, masukkan HP yang dimiliki ke dalam beras tersebut. Sebelum melakukan ini, pastikan pengguna sudah mengeluarkan SIM Card dan kartu memorinya terlebih dahulu.

Sekarang pengguna hanya perlu menunggu beberapa waktu saja, sampai HP tersebut benar-benar kering. Sebelum mengeringkannya dengan beras, pengguna perlu mematikan HPnya terlebih dahulu supaya tidak terjadi konslet.

2. Pakai Tiner

Apabila kasusnya sudah sedikit parah, maka pengguna bisa mulai menggunakan Tiner untuk mengatasi HP yang kemasukkan air. Cara ini dianggap lebih efektif mengatasi korosi yang sudah terlanjur terjadi pada HP pengguna.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Cas Batre Tanam dengan Mudah

Mudah sekali mempraktekan cara ini, karena pengguna tinggal membeli tinernya saja pada toko material bangunan. Apabila sudah, silahkan buka kemasannya dan masukkan kuas ke dalamnya. Angkat kuas tersebut dan oleskan pada bagian HP yang mengalami korosi. Lap dengan tisu setelah selesai.

3. Gunakan Silica Gel

Benda yang satu ini tentu masih terasa asing di kalangan masyarakat sehingga tak begitu banyak yang mengetahuinya. Silika gel dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi HP kemasukan air baterai tanam yang cukup efektif, karena air yang masuk bisa terserap dengan baik.

Silika gel dipercaya mampu mencegah terjadinya kondensasi atau proses pengembunan yang mungkin saja muncul saat HP terkena air. Mulanya, buka dulu HPnya kemudian masukkan ke dalam tumpukkan gel guna menyerap air tersebut.

Proses ini memakan waktu sampai berhari-hari, karena menunggu HP tersebut benar-benar kering terlebih dahulu. Biarkanlah silika gel tersebut, bekerja secara maksimal agar HP bisa segera dihidupkan kembali setelah mati.

BACA JUGA   Syarat dan Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Tanpa Ganti Nomor, Wajib Tahu!

4. Kibaskan Airnya

Pengguna HP yang tidak memiliki peralatan lain untuk menghilangkan airnya, maka bisa melakukan siasat lain yaitu dengan mengibaskan HPnya. Perlu diingat bahwa mengibaskan HP ini tidak boleh terlalu kencang, karena akan berakibat fatal yaitu air semakin menyebar.

Kibaskan secara perlahan menggunakan sistem satu arah saja, agar lebih aman. Namun, cara ini cukup riskan bila dilakukan, karena beresiko fatal bagi orang yang tidak berhati-hati dalam melakukan caranya. Jadi, sebaiknya kalau tidak yakin silahkan coba cara lain.

5. Gunakan Lap Menyerap Air

Cara yang bisa dilakukan berikutnya yaitu dengan mengelap HP yang sudah terlanjur basah menggunakan lap yang bisa menyerap air. Pengguna bisa mencoba cara ini apabila merasa ragu jika harus mengibas-ngibaskan HP tersebut.

Bagian yang semestinya dilap terlebih dahulu yaitu bagian luarnya terlebih. Layar HP ini memiliki potensi yang rentan terhadap air, sehingga perlu dibersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya, silahkan bersihkan bagian lubang charger dan bagian earphone.

Beberapa cara mengatasi hp kemasukan air baterai tanam tersebut sangat efektif untuk mengatasi masalah kemasukkan air. Silahkan pilih mana cara yang terbaik untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak terlalu beresiko menimbulkan kesalahan lain. Pastikan sudah melakukan caraya dengan tepat.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *