Ketahui Cara Mengatasi Hp Kena Air Dengan Beras Beserta Hal yang Perlu Diperhatikan

cara mengatasi hp kena air dengan beras

IwanWahyudi.com – Beras merupakan salah satu bahan pokok bagi masyarakat Indonesia. Selain dikonsumsi, beras ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi HP basah terkena air. Simak penjelasan berikut ini tentang cara mengatasi HP kena air dengan beras dan pastinya sangat mudah:

Langkah Menggunakan Beras Untuk Mengatasi HP Terkena Air

HP yang basah karena terkena air, umumnya akan membuat pemiliknya panik. Hal tersebut sebaiknya dihindari, karena panik hanya akan membuat pengguna melakukan hal-hal yang salah. Padahal pengguna bisa memanfaatkan beras untuk mengatasi hal tersebut. Berikut beberapa langkahnya:

  • Matikan HP, jika belum HP mati.
  • Langkah selanjutnya, lepas baterai dan komponen lain seperti kartu memori.
  • Kemudian keringkan bagian-bagian tersebut menggunakan hair dryer.
  • Setelah itu masukkan ke dalam beras dan tunggu selama kurang lebih 2 hari.
  • Jika sudah angkat HP, bersihkan, dan satukan semua bagian yang sebelumnya dilepas.
BACA JUGA   Cara Membuat Flyer di Hp Dengan Mudah

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Beras dalam Mengatasi HP yang Terkena Air

Setelah mengulas tentang cara mengatasi Hp yang kena air dengan beras, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai melewatkan hal-hal ini, karena bisa memicu kerusakan yang lebih parah. Hal apa sajakah itu? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

1. Memastikan Hp Berada dalam Keadaan Mati

Ketika Hp yang terkena air dibiarkan tetap hidup, bisa memicu terjadinya korsleting yang membuat proses perbaikan jadi lebih sulit. HP yang terkena air biasanya tidak langsung mati sendiri. Oleh karena itu pengguna harus memastikan untuk langsung mematikan Hp tersebut.

2. Melepas Baterai dan Komponen Lainnya

Komponen-komponen seperti kartu memori, SIM Card, dan baterai perlu dilepas supaya tidak timbul kerusakan pada komponen tersebut. Lakukan tahap ini dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan lain.

Semua pengguna pasti sudah tahu bagaimana cara melepas baterai, kartu memori, dan SIM Card. Namun bagaimana jika smartphone menggunakan baterai tanam? Baterai seperti ini sebenarnya tetap bisa dilepas dengan cara dan alat khusus. Prosesnya harus dilakukan dengan teliti dan juga hati-hati.

BACA JUGA   Cаrа Mеndоwnlоаd Fіlе yang Sudаh Kаdаluаrѕа. Terlengkap tahun 2023

3. Mengeringkan HP dan Komponen Lainnya

Sebelum memasukkannya ke dalam beras ada baiknya pengguna mengeringkan terlebih dahulu HP dan komponen lainnya. Hal ini dilakukan karena beras hanya bersifat membantu proses pengeringan HP tersebut. Proses pengeringan beras tidak bisa maksimal, jika HP masih dalam keadaan sangat basah.

Perlu diperhatikan bahwa, pengguna tidak bisa mengeringkan HP dan komponennya dengan cara ditiup. Cara tersebut, bisa membuat air masuk dan menyebar ke bagian lain yang sulit terjangkau. Gunakanlah hair dryer dan lakukan secara perlahan dan merata sampai semua bagian kering.

4. Jangan Memasukkan Hp ke dalam Beras Terlalu Dalam

Hal penting berikutnya adalah mengeringkan Hp dengan memasukkannya ke dalam beras. Walaupun sebelumnya Hp sudah dikeringkan menggunakan hair dryer biasanya masih terdapat kadar kelembaban yang cukup tinggi. Jika hal itu dibiarkan, maka bisa memicu kerusakan di lain hari.

Jangan mengubur terlalu dalam karena, bisa saja membuat beras masuk ke Hp atau menimbulkan lecet. Tunggu prosesnya sekitar 2 hari.

5. Memasang Kembali Komponen Hp

Hal terpenting yang terakhir adalah memasang semua komponen yang sebelumnya dilepas. Pastikan tidak ada komponen yang hilang dan pastikan juga sudah memasangnya dengan benar.

Itulah tadi cara mengatasi Hp kena air dengan beras dan cukup efektif untuk diterapkan. Kini pengguna tidak perlu khawatir, jika Hp miliknya basah terkena air. Pengguna cukup menggunakan beras yang ada di rumah, dan menerapkan caranya sesuai penjelasan di atas.

 

 

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *