5 Cara Mengatasi Hp Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam, Dijamin Berhasil

cara mengatasi hp mati hidup sendiri baterai tanam

Apabila HP tanam pengguna mengalami mati hidup sendiri, pasti panik dan segera mencari cara mengatasi Hp mati hidup sendiri baterai tanam. Karena takut terjadi kerusakan berat. Padahal pengguna tidak perlu cemas, sebab hal tersebut bisa diperbaiki sendiri dengan langkah mudah.

Terdapat banyak alternatif yang bisa dilakukan secara mandiri untuk mengatasinya. Sebelum akhirnya mengharuskan membawa ponsel tersebut ke tukang ahli untuk diperbaiki. Apalagi jika sedang diperlukan untuk pekerjaan penting. Adapun cara yang dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Mengkalibrasi Ponsel

Cara mengatasi Hp mati hidup sendiri baterai tanam yang pertama yaitu dengan mengkalibrasi Hp. Mungkin terdengar cukup teknis, padahal cara ini bisa dilakukan pengguna secara mandiri dan mudah. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Gunakan ponsel sampai baterai benar-benar habis dan Hp mati sendiri.
  • Setelah itu, isi daya perangkat sampai penuh.
  • Kemudian cabut kabel pengisi dan nyalakan ponsel.
  • Pastikan daya tersebut penuh 100 persen, lalu gunakan kembali tanpa diisi supaya baterainya habis dan mati.
  • Jika sudah, charger dan nyalakan ulang.
  • Selanjutnya pengguna bisa memulai mengkalibrasi perangkat dengan cara masuk ke pengaturan, lalu pilih ‘Perawatan perangkat’, ‘Baterai’ serta ‘Penggunaan baterai’.
BACA JUGA   6 Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas Dan Baterai Cepat Habis, Wajib Tahu!

2. Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Tanpa pengguna sadari, memori penyimpanan yang penuh ternyata dapat menjadi pemicu HP mati hidup sendiri. Pasalnya ponsel mengalami error, karena terlalu banyak data yang harus disimpan. Padahal sebuah perangkat membutuhkan ruang kosong untuk menjalankan sistem dan aplikasi.

Jika terlalu penuh, maka ponsel akan mengalami masalah. Oleh karena itu, cobalah lihat RAM yang dimiliki ponsel apakah tersedia penyimpanan kosong atau sudah sesak.

Apabila penuh, silahkan pindahkan beberapa data yang memungkinkan ke memori eksternal atau menghapusnya. Seperti gambar, file, dan aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Setelah itu, restart ulang.

3. Menghapus Cache

Pengguna perlu memperhatikan file sampah yang terdapat di ponsel karena bisa juga menjadi penyebab Hp mati mendadak menyala sendiri. Alasannya tidak berbeda jauh dengan cara mengatasi Hp mati hidup sendiri baterai tanam nomor 2.

Pasalnya setiap aplikasi, pasti memiliki cache yang tidak diperlukan. Jika tidak dibersihkan secara rutin, maka akan memakan penyimpanan. Cara menghapusnya yaitu dengan cara masuk ke pengaturan, lalu pilih ‘Aplikasi’. Silahkan pilih aplikasi yang sekiranya sering digunakan. Kemudian pilih ‘Hapus cache’.

BACA JUGA   Inilah Cara Menambah RAM 1gb Menjadi 4gb Tanpa Root

Bahkan bisa pula menggunakan aplikasi pembersih khusus yang akan menghapus secara keseluruhan hanya dengan sekali tekan. Juga bisa membersihkan otomatis, bila pengguna malas melakukan manual.

4. Mendinginkan Baterai

Baterai yang mengalami overheat juga bisa menjadi faktor Hp mati mendadak hidup sendiri. Oleh karena itu, kurangi pemakaian apalagi saat di charge.

Selain langkah tersebut, pengguna juga bisa membeli cooling fan untuk ponsel agar tidak cepat panas. Pasalnya, jika dibiarkan dapat merusak perangkat beserta sistemnya.

5. Melakukan Reset Pabrik

Cara selanjutnya yaitu melakukan reset pabrik untuk memperbaiki kinerja ponsel. Namun ada berbagai hal yang harus diperhatikan sebelum memilih cara ini. Seperti mencadangkan seluruh file, terutama yang penting di dalam ponsel agar tidak hilang.

Sebaiknya lakukan langkah di atas sebelum akhirnya memang mengharuskan pengguna mereset perangkat ke setelah pabrik. Karena tindakan ini bisa menghapus seluruh data yang ada di Hp.

Demikian cara mengatasi Hp mati hidup sendiri baterai tanam yang bisa dicoba. Sebetulnya cukup banyak masalah lain yang menjadi penyebabnya, seperti ponsel terkena virus atau hardware mengalami kerusakan. Jika sudah mencoba tips diatas dan belum berhasil, sebaiknya bawalah ke tukang service.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *