5 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri dan Tidak Bisa Hidup dengan Mudah

cara mengatasi hp mati sendiri dan tidak bisa hidup

Ketika sedang asyik memainkan Hp namun, tiba tiba mati dan tidak bisa hidup, pasti akan merasa panik. Sehingga segera mencari tahu cara mengatasi HP mati sendiri dan tidak bisa hidup pada pencarian.

Lantas, bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya? Untuk itu, langsung saja ikuti beberapa cara berikut beserta tips agar mencegah kejadian berulang.

Cara untuk Mengatasi HP Mati dan Tidak Bisa Hidup Kembali

Ada sejumlah cara yang dianggap cukup tepat dalam mengatasi perangkat ponsel yang mati menjadi hidup kembali. Agar tidak salah saat mengambil tindakan, perhatikan setiap caranya di bawah ini:

1. Gunakan Charger untuk Mengisi Daya

Pertama yang perlu dilakukan oleh pemilik HP adalah dengan menggunakan charger bawaan perangkat untuk melakukan pengisian daya. Dimana kemungkinan ponsel yang mati sendiri, diakibatkan karena kehabisan baterai sehingga tidak mau nyala.

Disini pemilik ponsel jangan khawatir, jika terjadi sesuatu pada perangkat pribadi yang membuat tidak hidup. Kecuali memang akhir-akhir waktu, HP pernah mengalami gangguan atau error yang penting untuk dipertimbangkan.

2. Terapkan Kalibrasi Baterai

Kedua, pemilik dapat melakukan kalibrasi baterai, apabila kondisi baterai yang terdapat dalam perangkat mengalami error. Biasanya ditandai dengan indikator pada daya yang tidak sesuai aslinya, misal terlihat 75 persen padahal nyatanya tinggal tersisa 5 persen.

BACA JUGA   Cara Membuat Leaflet di Hp Untuk Berbagai Keperluan

Untuk langkahnya, pemilik bisa menggunakan ponsel hingga mati kemudian nyalakan lalu pakai lagi sampai tidak hidup kembali. Waktu HP mati, lakukan pengisian daya yang mencapai 100 persen, gunakan lagi dan isi ulang.

Setelah itu, masuk ke Menu Pengaturan yang ada dalam perangkat dan cari opsi ‘Pengaturan Perangkat’, kemudian klik. Lalu tekan opsi Baterai disusul Penggunaan Baterai dan tindakan kalibrasi sudah selesai.

3. Gunakan Baterai Lain

Cara mengatasi HP mati sendiri dan tidak bisa hidup yang berikut ini masih seputar komponen perangkat yakni baterai. Namun untuk melakukan tindakan, pemilik harus mempertimbangkan sejumlah aspek salah satunya ketersediaan cadangan budget.

Disini pemilik perangkat bisa mengunjungi outlet penyedia baterai yang telah terkenal, dengan kredibilitas terbaik. Alasannya karena dikhawatirkan saat mengganti baterai yang baru kualitas, kurang terjamin terlebih bukan original dari pabrikan.

4. Gunakan Opsi Factory Reset

Untuk cara dengan memanfaatkan Factory Reset syaratnya perangkat ponsel harus masih hidup, tidak bisa pada HP yang sudah mati. Pasalnya pemilik perlu menuju menu Recovery Mode yang biasanya ada di menu Pengaturan.

BACA JUGA   Cara Menggunakan Headset Bluetooth untuk Telepon Supaya Lebih Mudah

Nanti juga pemilik diminta melakukan reset, yang mana berpengaruh pada seluruh data-data tersimpan. Langkah dalam tindakan Recovery Mode tidak sama di masing-masing jenis perangkat smartphone.

Namun paling sering digunakan, opsi Power plus Volume yang sekaligus ditekan bersamaan. Kemudian jika tampilan Recovery Mode muncul di layar, klik opsi Factory Reset dan Delete All User Data lalu tunggu proses hingga selesai.

5. Terapkan Flashing Sistem

Cara terakhir bernama Flashing Sistem dilakukan, jika masalah HP yang mati sendiri disebabkan oleh gangguan pada sistem. Untuk menerapkannya, pemilik memerlukan perangkat komputer pribadi dan file sistem yang kompatibel sesuai jenis ponsel.

Langkah-langkah jelasnya, mungkin pemilik dapat mengunjungi situs penyedia yang berkaitan dengan Flashing sistem. Sebelum mengikuti setiap tahapan ada, baiknya pemilik mempelajari dulu dan memahami agar tidak salah.

Tips Agar Kejadian HP Mati tidak Berulang

Sejumlah kiat-kiat yang bisa dilakukan oleh pemilik untuk mencegah kejadian HP mati sendiri kembali berulang akan diuraikan secara rinci. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tips berikut:

  • Perhatikan ketersediaan daya agar ponsel tidak tiba-tiba mati sendiri saat sedang digunakan.
  • Jangan main HP secara terus menerus hingga overheat atau panas yang membahayakan perangkat.
  • Perhatikan baterai dalam ponsel apakah kondisi masih baik atau sudah perlu baterai baru.
  • dan Bersihkan cache atau file sampah yang dapat membuat perangkat menjadi bermasalah.

Demikian cara mengatasi HP mati sendiri dan tidak bisa hidup dengan sederhana dapat dilakukan seorang diri. Seandainya semua cara di atas telah dipraktekkan tetapi perangkat tak kunjung nyala kembali, pemilik perlu mengunjungi servis yang terpercaya.

 

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *