5 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri dan Tidak Bisa Hidup Anti Gagal!

cara mengatasi hp mati sendiri dan tidak bisa hidup

HP yang tiba tiba mati, pastilah membuat para pemiliknya merasa khawatir. Namun, saat ini terdapat beberapa cara mengatasi HP mati sendiri dan tidak bisa hidup yang bisa dilakukan sendiri sebelum membawanya ke tempat service.

Dengan begitu, pemilik HP bisa tidak perlu mengeluarkan biaya service karena bisa mengatasinya sendiri. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Periksa Masalah di Layar HP

Cara mengatasi HP mati sendiri dan tidak bisa hidup yang pertama yaitu dengan memeriksa masalah layar HP. Barangkali layar HP bermasalah, sehingga hanya menampilkan layar berwarna hitam dan tampak seperti HP mati.

Jika tidak diperiksa layarnya dahulu, pasti pengguna akan langsung mengira jika HP tersebut memang sudah mati. Untuk memastikan memang layarnya bermasalah atau tidak, bisa lakukan beberapa langkah berikut:

  • Tekan tombol power HP selama sekitar 30 detik saja dan biarkan beberapa saat.
  • Apabila HP bergetar tetapi terdapat proses boot di layar HP, maka bisa jadi layarnya memang bermasalah.
  • Untuk mengatasinya, kunjungi tempat service dan ganti layar HP dengan layar yang baru.

2. Isi Daya Baterai HP

Selain disebabkan karena ada masalah di bagian layar HP. Kemungkinan besar HP yang mati dan tidak bisa hidup lagi disebabkan oleh daya baterainya yang memang sudah habis. Sehingga, HP hanya akan bergetar tanpa menampilkan proses booting karena daya baterainya kosong.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi HP Samsung Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar Dengan Mudah

Ini seringkali terjadi pada umur baterai yang sudah sangat lama. Untuk mengatasi hal ini, coba lakukan pengisian daya baterai HP terlebih dahulu, dan tunggu hingga penuh. Namun, jika baterai belum penuh tetapi HP sudah overheat, bisa langsung dilepas saja chargernya.

Hal tersebut bertujuan agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah pada HP. Kemudian jika baterai HP sudah selesai di isi daya, coba hidupkan kembali HP.

3. Charger Baterai Menggunakan Desktop

Desktop merupakan alat yang didesain untuk mengisi daya baterai HP di luar casing. Dengan bantuan desktop ini, mungkin bisa dijadikan sebagai solusi yang bisa dilakukan ketika HP yang digunakan tiba – tiba mati sendiri.

Pasalnya, cara ini tentu menjadi alternatif jika HP tersebut juga bermasalah pada bagian port konektor charger nya. Tipe charger ini hanya diperuntukkan bagi HP yang masih menggunakan baterai lepas pasang saja.

Pasalnya untuk HP yang sudah didesain menggunakan baterai tanam, akan sulit untuk dilepaskan. Meskipun ada desktop khusus, tetapi untuk mengeluarkan baterai tanam perlu dilakukan oleh petugas yang sudah berpengalaman.

BACA JUGA   6 Cara Mengatasi Hp Restart Berulang Ulang dengan Mudah

4. Periksa Kabel dan Adaptor

Cara ini bisa dicoba saat kondisi HP yang mati sendiri, jika saat diisi daya baterainya tidak kunjung menampilkan indikator pengisian daya. Pasalnya, hanya dengan cara seperti ini, pengguna bisa mengetahui apakah kabel dan adaptornya bermasalah atau tidak.

Coba cek secara bergantian pada kabel dan adaptor agar dapat diketahui penyebab utamanya ada di bagian mana. Jika memang benar kabelnya yang bermasalah, maka bisa diatasi dengan membeli kabel baru.

Namun, apabila setelah diperiksa kembali ternyata adaptornya yang rusak, berarti HP tersebut memang rusak. Sehingga, perlu dibawa ke tukang service agar bisa segera diperbaiki dan bisa digunakan kembali untuk keperluan pengguna.

5. Flashing Ulang HP

Cara yang terakhir adalah dengan melakukan flashing ulang pada sistem HP. Dimana flashing itu sendiri, merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mengganti sistem HP yang rusak dengan sistem HP baru yang masih normal.

Biasanya, cara ini membutuhkan alat bantu berupa laptop atau PC. Cara ini hampir tidak pernah gagal jika dilakukan. Hanya saja, bagi yang tidak memiliki alat bantunya akan kesusahan dalam melakukan cara ini.

Itulah cara mengatasi HP mati sendiri dan tidak bisa hidup lagi sebagaimana mestinya. Apabila terjadi kerusakan yang cukup parah, maka cara mengatasinya juga akan sedikit susah sebanding dengan tingkat keparahannya.

 

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *