6 Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas dengan Mudah

cara mengatasi hp mati total tidak bisa dicas

IwanWahyudi.com –¬†Hampir setiap pemilik HP, tentu pernah mengalami berbagai masalah pada perangkat yang digunakan. Mulai dari permasalahan kecil, hingga besar seperti mati total. Tidak perlu panik, karena berikut ini terdapat cara mengatasi hp mati total tidak bisa dicas untuk disimak.

Sebelum membahas cara mengatasinya, mungkin perlu mengetahui terlebih dahulu, mengenai penyebab kerusakan pada perangkat tersebut. Tentu banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari penggunaan yang overheat, hingga penggunaan charger yang salah. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu:

1. Periksa Charger Ponsel

Apabila mendapati ponsel tidak bisa dicas, maka pengguna perlu memeriksa terlebih dahulu kondisi charger. Seperti kabel USB dan adaptornya apakah dalam keadaan normal atau tidak. Untuk memeriksanya, bisa dengan menghubungkan charger ke perangkat ponsel lain.

Jika charger dalam kondisi normal, maka bisa digunakan untuk mengisi daya di perangkat lain. Kondisi ini menandakan bahwa ponsel yang sedang bermasalah.

2. Ganti Charger HP

Cara mengatasi hp mati total tidak bisa dicas berikutnya mengganti charger. Sebagian besar penyebab hp mati total, karena tidak ada daya pada ponsel dan charger juga mengalami masalah atau rusak. Ini bisa menjadi penyebab tidak adanya respon ketika hp dinyalakan.

BACA JUGA   4 Cara Menghilangkan Internet Positif Tanpa VPN di Android

Pengguna bisa mencoba dengan mengganti charger hp. Apabila hp merespon ketika daya baterai diisi menggunakan charger lain, maka tidak ada masalah yang dialami pada sistem maupun komponen hp.

3. Restart HP

Cara lain untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu merestart perangkat ponsel. Ketika melakukan restart, maka sistem akan dijalankan secara ulang dari awal. Pengguna hanya perlu menekan tombol power selama beberapa saat, hingga hp merespon dan melakukan restart.

4. Bersihkan Cache, Data, Dan Recovery

Cara mengatasi hp mati total tidak bisa dicas berikutnya yaitu dengan membersihkan data, cache hingga recovery. Seperti diketahui, bahwa data dan cache yang menumpuk bisa menyebabkan kerusakan mati total pada hp.

Pengguna bisa memanfaatkan recovery mode untuk membersihkan data dan cache dalam kondisi mati total. Untuk melakukannya, bisa dengan menekan kombinasi volume down dan power selama beberapa detik. Apabila ponsel bergetar, maka bisa pilih menu Wipe.

BACA JUGA   3 Cara Buka Situs yang Diblokir di Google Chrome di HP Tanpa Aplikasi, Dijamin Praktis!

Untuk membersihkan cache dan data yang menumpuk, silahkan pilih wipe data dan cache. Setelah itu silahkan tunggu hingga proses penghapusan data tersebut selesai. Jangan lupa untuk melakukan restart pada ponsel.

5. Lakukan Flashing Pada Perangkat

Cara berikutnya yaitu melakukan flashing secara mandiri. Flashing ialah penggantian sistem pada android agar update. Jika sebelumnya sistem sudah rusak atau versi lama, maka akan diganti dengan versi terbaru dan normal tentunya.

Untuk bisa melakukannya, pengguna membutuhkan internet dan PC atau laptop. Karena setiap ponsel memiliki cara flashing yang tidak sama, maka bisa mencari tutorial flashing di internet menurut merek ponsel yang digunakan.

6. Bawa Ponsel Ke Service Center

Jika cara diatas sudah dicoba namun ponsel tetap belum bisa menyala, maka pertimbangkan untuk membawa ke service center yang resmi. Ponsel kemungkinan mengalami kerusakan pada komponen yang harus diperbaiki oleh seseorang yang ahli di bidang tersebut.

Dengan membawa ke service center, maka ponsel akan dicek untuk mengetahui kerusakan yang dialami. Pengguna hanya perlu menunggu hingga ponsel selesai diperbaiki.

Itulah 6 cara mengatasi hp mati total tidak bisa dicas. Apabila smartphone tidak merespon dan menyala maka kembali ke opsi nomor 6, yaitu membawa ke service center agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *