6 Cara Mengatasi Hp Restart Berulang Ulang dengan Mudah

cara mengatasi hp restart berulang ulang

Hp yang mengalami restart secara berulang ulang pastinya sangat tidak mengenakkan. Hal ini dapat mengganggu aktivitas penggunanya terlebih jika sedang mengerjakan hal-hal penting. Lalu bagaimanakah cara mengatasi Hp restart berulang ulang dengan benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Mematikan Hp Selama Beberapa Saat

Salah satu penyebab Hp sering restart berulang ulang, adalah karena Hp tersebut memerlukan istirahat. Hp yang terlalu lama digunakan, bahkan mengalami peningkatan suhu berlebih sehingga harus diistirahatkan terlebih dahulu. Jika suhu sudah kembali normal, maka Hp bisa digunakan kembali seperti biasa.

Proses restart yang terjadi berulang-ulang terkadang cukup merepotkan, karena pengguna tidak bisa mematikan Hp tersebut. Untuk mengatasinya, pengguna bisa langsung melepas baterai Hp tersebut untuk mematikannya. Namun cara tersebut, hanya dapat diterapkan pada jenis Hp yang tidak menggunakan baterai tanam.

2. Jangan Lupa Melakukan Update

Sistem Hp yang sudah terlalu usang, biasanya akan mengundang banyak bug atau error pada Hp tersebut. Salah satu dampaknya adalah Hp sering mengalami restart berulang ulang. Sebaiknya cek secara berkala apakah ada update untuk sistem Hp atau tidak.

BACA JUGA   Syarat dan Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Tanpa Ganti Nomor, Wajib Tahu!

Pengguna bisa melakukan pengecekan lewat Pengaturan. Jika terdapat update yang bisa diunduh dan dipasang segera lakukanlah update. Proses ini mungkin ribet, tapi hal tersebut sangat bagus untuk mencegah masalah di kemudian hari.

3. Melakukan Reset ke Pengaturan Pabrik

Pengguna juga dapat menerapkan cara mengatasi Hp restart berulang ulang dengan reset ke pengaturan pabrik. Hp yang sudah digunakan dalam waktu lama, mungkin sudah dipasangi berbagai pengaturan. Jadi mengembalikannya ke pengaturan pabrik, akan bisa membuatnya jadi seperti Hp baru.

Untuk melakukannya, juga sangatlah mudah. Pengguna tinggal pergi ke Pengaturan dan pilih menu Sistem. Selanjutnya, pilih Lanjutan dan Setel Ulang. Klik Reset ke setelan pabrik untuk memulai prosesnya. Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai dilakukan.

4. Mengurangi Penggunaan Aplikasi di Latar Belakang

Penggunaan RAM yang efisien, akan membuat Hp dapat digunakan dengan optimal. RAM bisa saja terkuras dengan lebih cepat jika terdapat banyak aplikasi yang aktif di latar belakang. Untuk itu, pengguna harus mematikan izin aplikasinya supaya tidak berjalan di latar belakang.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi HP Mati Total Baterai Tanam dengan Cepat dan Mudah

Bahkan jika aplikasi tersebut tidak penting, pengguna bisa langsung menghapusnya. Jika jumlah aplikasinya berkurang, maka penggunaan RAM akan jadi lebih lega. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya restart berulang ulang pada Hp.

5. Menghapus File Yang Tidak Penting

Selain masalah RAM, penyebab lain dari Hp sering restart berulang-ulang adalah penyimpanan yang sudah penuh. Kinerja Hp sangat dipengaruhi oleh kondisi memori penyimpanannya. Semakin lega penyimpanan Hp tersebut, maka akan semakin lancar dan minim masalah, begitu pula sebaliknya.

6. Melakukan Wipe Cache Partition

Cara selanjutnya adalah salah satu cara yang memerlukan ketelitian dan harus dikerjakan dengan hati-hati. Cache merupakan file yang mengingat semua hal yang pernah dilakukan dengan Hp. Mulai dari pengaturan, file yang diakses, kata sandi, dan masih banyak lagi.

File Cache, perlu dibersihkan untuk menjaga performa Hp. Caranya dengan masuk Recovery Mode dan pilih Wipe Cache Partition. Cara masuk ke Recovery Mode, biasanya berbeda pada setiap smartphone. Salah satunya adalah dengan menekan power, volume up, dan down bersamaan.

Demikianlah 6 cara mengatasi Hp restart berulang ulang dengan mudah dan anti ribet. Cara-cara di atas bisa dilakukan sendiri sehingga dapat menghemat biaya servis. Namun jika masalah masih tetap belum terselesaikan maka pengguna bisa membawa Hp ke tempat servis terdekat.

 

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *