6 Cara Mengatasi Hp Samsung Mati Total Baterai Tanam Sendiri di Rumah

cara mengatasi hp samsung mati total baterai tanam

Cara mengatasi Hp Samsung mati total baterai tanam sebenarnya tidak harus melalui tukang service karena pengguna dapat memperbaikinya sendiri. Hanya saja, khusus untuk masalah ringan dan sebagai usaha sebelum akhirnya membawanya ke ahli perbaikan.

Siapa tahu bisa diatasi dengan segera agar dapat digunakan kembali. Setidaknya sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan. Juga menghemat pengeluaran jika ternyata hanya karena masalah sepele.

Pasalnya Hp mati tidak selalu diakibatkan kerusakan komponen perangkat, tetapi sistem yang error. Oleh karena itu, pengguna bisa mencoba mengatasinya dengan berbagai cara berikut ini:

1. Restart Ulang Melalui Mode Recovery

Hal yang paling mudah dilakukan sebagai cara mengatasi Hp Samsung mati total baterai tanam yaitu dengan merestart ulang. Pasalnya perangkat yang mengalami bug ataupun ngeblank dapat memicu Hp mati total.

Caranya cukup dengan menekan tombol kombinasi power dan volume kurang. Silahkan tekan lama. Jangan dilepaskan, sekalipun logo Samsung sudah muncul.

Terus tekan hingga perangkat masuk ke mode recovery. Biasanya langkah ini bisa berhasil, tetapi jika masih belum pengguna bisa mencoba alternatif kedua.

BACA JUGA   Cara Menghemat Bаtеrаі OPPO A3ѕ. Bagaimana Selengkapnya ?

2. Gunakan Adaptor Cas Lebih Besar mAh

Ponsel yang sudah lama tidak digunakan atau dibiarkan mati karena daya baterainya 0 persen dapat menjadi faktor baterai corrupt.  Jika begitu, biarkan saja beberapa waktu, kemudian isi daya.

Namun apabila masih belum berhasil, maka pengguna dapat mencoba untuk menaikkan mAh adaptor dua kali lipat. Tujuannya untuk memberikan daya yang lebih besar dan pengisian yang lebih cepat.

Atau mungkin saja kabel data yang mengalami kerusakan, sehingga perangkat tidak bisa terhubung ke listrik untuk mengisi daya. Untuk mengetahuinya, pengguna bisa mencoba menggunakan charger lain termasuk adapternya.

Mungkin saja kerusakan memang hanya terjadi pada kabel USB. Jika demikian sumbernya, maka cukup dengan membeli yang baru dan masalah pun selesai. Tanpa harus pergi ke tukang service.

3. Lepas Komponen Eksternal Smartphone

Selain cara diatas, pengguna bisa pula mencoba dengan melepas komponen keras yang ada di Hp seperti kartu SD dan SIM Card. Mungkin saja mengalami error, sehingga menyebabkan ponsel mati total.

Langkah ini mungkin saja tidak akan berhasil. Namun tidak ada salahnya mencoba.

4. Periksa Kondisi Layar Smartphone

Tidak hanya berasal dari sistem dan baterai, ternyata Hp mati total dapat pula diakibatkan layar LCD yang rusak. Karenanya, silahkan periksa apakah layar mengalami retak setelah terjatuh.

Pasalnya LCD yang rusak, sudah tentu tidak dapat menampilkan gambar atau perintah apapun yang diberikan. Hanya saja, cara ini hanya bisa diatasi oleh ahli agar masalah tidak lebih parah lagi.

BACA JUGA   3 Cara Melihat Pesan yang Sudah Dihapus di WA Tanpa Aplikasi yang Mudah

5. Hubungkan Smartphone dengan PC

Langkah selanjutnya yaitu dengan menghubungkan Hp ke PC menggunakan kabel data. Biarkan terhubung untuk beberapa saat atau 2 jam. Kemudian cobalah untuk menghidupkan dengan menekan tombol ON.

6. Bawa ke Tukang Service Terpercaya

Sudah melakukan banyak cara, tetapi masih belum teratasi juga. Salah satu pilihan terakhir yaitu membawa ke tukang service khusus yang terpercaya. Atau service langganan agar harganya lebih murah.

Namun pastikan untuk memasang komponen yang berkualitas, bila tidak ingin cepat rusak. Pasalnya jika terdapat komponen hardware yang rusak dan diganti dengan yang palsu, bisa saja tidak akan bertahan lama. Pengguna juga harus mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan.

Itulah cara mengatasi Hp Samsung mati total baterai tanam yang mungkin dapat membantu permasalahan. Sebenarnya Hp mati juga bisa karena hal sepele seperti penyimpanan yang kepenuhan, terdapat banyak cache, dan sebagainya.

Oleh karena itu, jika langkah mode recovery berhasil, segeralah untuk menghapus file yang tidak digunakan. Supaya tidak terjadi lagi error.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *