5 Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Cas Batre Tanam dengan Mudah

cara mengatasi hp tidak bisa di cas batre tanam

Cara mengatasi Hp tidak bisa di cas batre tanam, berbeda dengan batre yang dapat dilepas. Jika dulunya pengguna bisa melepas dan mengisi daya menggunakan universal, maka sekarang tidak lagi. Karena semua smartphone keluaran terbaru sudah menggunakan baterai tanam di perangkatnya.

Sebenarnya baterai tanam mempunyai banyak kelebihan seperti tidak mudah terkena air. Akan tetapi, akan membuat bingung pengguna yang Hpnya mendadak tidak bisa mengisi daya padahal sedang banyak pekerjaan. Namun untuk mengatasinya, bisa simak beberapa cara berikut:

1. Menekan Tombol Volume dan Power

Mungkin cara mengatasi Hp tidak bisa di cas batre tanam yang pertama ini terdengar sepele, tetapi memang bisa dilakukan dan berhasil. Khususnya pada merek ponsel tertentu seperti Samsung.

Pastikan memang posisi Hp sudah mati. Setelah itu, cobalah untuk menghidupkan dengan menekan lama kedua tombol tersebut.

Jangan dilepas jika belum muncul menu untuk masuk ke mode recovery ponsel. Jika sudah masuk, biasanya Hp yang tadinya tidak bisa di charge akan mulai terisi.

2. Membersihkan Port USB

Pemicu Hp yang tidak bisa diisi daya biasanya berasal dari Port USB salah satunya. Seperti mengalami kelonggaran, terlalu banyak debu yang menempel, ada yang mengganjal, dan sebagainya.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri dan Tidak Bisa Hidup Anti Gagal!

Jika demikian, cobalah untuk membersihkan Port USB dengan lembut agar tidak menambah kerusakan. Misal menggunakan cotton bud atau kuas kecantikan. Jangan gunakan jarum untuk membersihkannya karena dapat merusak sambungan, sehingga terjadi konsleting.

3. Mengganti Kabel Charger

Apabila port USB sudah dibersihkan, tetapi ponsel masih belum bisa dicharger artinya kerusakan mungkin saja berasal dari lainnya. Kabel data misalnya. Oleh karena itu, cobalah untuk memeriksa agar mengetahui permasalahannya. Mulai dari sambungan USB apakah kotor atau ada yang penyok.

Jika penyebabnya dari port USB yang kotor, maka pengguna bisa segera membersihkannya. Namun berbeda bila terdapat kerusakan pada ujung port USB. Karena hal ini tidak bisa diperbaiki kecuali membeli dengan yang baru.

Begitupun bila ternyata kerusakan terjadi pada sambungan di dalam kabel. Pengguna hanya mempunyai 2 pilihan yaitu memperbaiki sambungan sendiri atau membeli yang baru.

Karenanya disarankan untuk menaruh kabel data pada sebuah kotak atau menggulungnya jika dimasukkan ke dalam tas. Tindakan ini akan meminimalisir kerusakan, sehingga lebih awet.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi Hp Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam, Dijamin Berhasil

4. Mengganti Adaptor Cas

Beberapa charger mempunyai adapter yang dapat dilepas, sehingga lebih mudah mengetahui bagian kerusakan ataupun menggantinya. Bila ternyata kabel data yang digunakan masih belum berfungsi setelah dibersihkan juga tidak terdapat masalah lainnya, cobalah untuk mengganti adapter.

Mungkin saja kerusakan bukan pada kabel USB melainkan dari adapter. Jika begitu, pengguna yang mempunyai keahlian bisa memperbaikinya. Namun jika tidak, maka harus membeli yang baru.

5. Restart Hp

Terkadang sebetulnya tidak ada masalah pada kabel data maupun adapter yang menyebabkan Hp tidak bisa dicharge. Melainkan ponsel sedang mengalami error atau bug dengan beragam penyebab seperti terdapat virus, memori penuh, dan sebagainya.

Jika mengalami kejadian Hp tidak dapat mengisi daya, maka jangan terburu-buru membawanya ke tukang service. Pengguna bisa mencoba merestart ulang perangkat untuk memperbaiki sistem yang error.

Siapa tahu bisa kembali normal setelah memulai ulang Hp. Apabila belum berhasil, barulah membawanya ke service.

Begitulah cara mengatasi Hp tidak bisa di cas batre tanam yang dapat dilakukan. Oleh karenanya, perlu diketahui cara mengatasinya tersebut untuk mendiagnosa sendiri. Karena beberapa tukang service yang tidak bertanggung jawab bisa saja langsung menyarankan pergantian padahal masih bagus.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *