5 Cara Mengatasi Hp Vivo yang Tidak Bisa Disentuh Dijamin Ampuh!

cara mengatasi hp vivo yang tidak bisa disentuh

IwanWahyudi.com РCara Mengatasi Hp Vivo yang Tidak Bisa Disentuh. Smartphone yang mengalami blank dan tiba-tiba tidak bisa disentuh, pastinya akan sangat meresahkan. Salah satu merk smartphone yang biasanya mengalami masalah tersebut adalah Vivo. Lantas bagaimanakah cara mengatasi Hp Vivo yang tidak bisa disentuh supaya bisa normal kembali seperti semula?

1. Melakukan Restart pada Hp Vivo

Hampir semua masalah pada smartphone bisa diselesaikan dengan cara melakukan restart. Hal itu, juga berlaku ketika smartphone mengalami blank dan tidak bisa disentuh. Smartphone blank, bisa disebabkan karena smartphone tersebut sudah lelah dan perlu diistirahatkan.

Matikan terlebih dahulu smartphone tersebut, dengan cara menahan tombol Power yang terdapat pada smartphone. Pengguna sebaiknya menunggu beberapa saat, sebelum menyalakannya kembali. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan opsi Restart secara langsung tanpa mematikannya terlebih dahulu.

2. Melakukan Pengisian Daya

Terdengar sangat sederhana, tapi ini dapat menjadi salah satu cara mengatasi Hp Vivo yang tidak bisa disentuh oleh pemiliknya. Pengguna tinggal menghubungkan smartphone yang blank dengan charger. Setelah beberapa saat, smartphone akan kembali normal dan dapat dipakai kembali seperti biasanya.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas Dan Batre Cepat Habis Ini Tak Akan Gagal

Dalam menerapkan cara ini, ada hal yang harus diperhatikan. Sebaiknya jangan menghubungkan charger dengan smartphone blank yang bersuhu panas. Tunggu beberapa saat, sampai suhunya berkurang baru hubungkan smartphone tersebut dengan charger.

3. Membersihkan Layar Smartphone

Hp yang tiba-tiba tidak bisa disentuh, terkadang tidak disebabkan oleh kesalahan sistem namun disebabkan oleh layar yang kotor. Kotoran yang menempel pada layar akan menghalangi sensor layar sentuh, sehingga Hp tersebut tidak bisa disentuh sama sekali.

Oleh karena itu, pengguna perlu membersihkan layar tersebut dengan hati-hati. Jangan gunakan air yang terlalu banyak, karena bisa menimbulkan kerusakan lain yang lebih parah. Sebaiknya, gunakanlah produk dan alat khusus untuk membersihkan layar dan pastikan Hp sedang dalam keadaan mati.

4. Membersihkan Memori Penyimpanan

Hp Vivo yang sudah terlalu penuh, bisa menyebabkan layar blank dan tidak bisa disentuh. Hal itu, dikarenakan Hp Vivo perlu memproses file yang lebih banyak dan menjadi lebih cepat lelah. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna melakukan pembersihan berkala pada smartphone.

BACA JUGA   Inilah Cara Menghubungkan Kamera HP ke HP Lain Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Pengguna bisa menghapus file-file yang tidak penting seperti chat WhatsApp yang sudah terbaca, gambar yang terduplikasi, dan masih banyak lagi. Selain itu, memori penyimpanan juga bisa jadi lebih lega dengan cara menghapus cache pada aplikasi yang terinstal.

5. Melakukan Reset pada Hp Vivo

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah melakukan Reset. Cara ini bisa dibilang cukup efektif karena akan membuat Hp Vivo menjadi seperti baru. Namun melakukan Reset mempunyai dampak negatif. Pengguna akan kehilangan data seperti file, kontak, dan lain-lain. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah matikan smartphone Vivo yang akan direset.
  • Selanjutnya tekan selama beberapa saat tombol volume atas dan tombol power.
  • Jika berhasil, maka pengguna akan masuk ke menu recovery atau mode pemulihan.
  • Pada mode pemulihan pilih opsi bernama Wipe Data untuk melakukan reset dengan cara membersihkan data smartphone.
  • Setelah itu, proses reset akan dimulai dan pengguna perlu menunggu beberapa saat.
  • Jika sudah selesai pilih opsi kembali dan klik opsi Reboot System.

Demikianlah pembahasan tentang 5 cara mengatasi Hp Vivo yang tidak bisa disentuh dengan mudah dan pastinya bisa dilakukan sendiri. Jika setelah menerapkan cara-cara di atas Hp masih blank dan tidak bisa disentuh, maka segera bawa ke tempat servis terdekat.

 

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *