Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Ketika anak sudah sembuh dari sakit memang sangat melegakan. Namun seringkali anak lemas setelah sembuh dari sakit. Kondisi ini juga sangat mengkhawatirkan jika tidak segera dicari cara mengatasi lemas pada anak setelah sakit. Sebagai orang tua tentu penting untuk memperhatikan hal ini agar anak bisa kembali beraktivitas dengan baik.

Sebenarnya kondisi lemas ini terjadi dikarenakan anak baru sembuh dari sakit panas. Ada berbagai cara menyembuhkan lemas pada anak seusai sakit. Cara mengatasinya sebenarnya tergolong mudah, hanya tinggal menyiapkan beberapa bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral atau membatasi aktivitas anak. Di bawah ini lebih jelas terkait bagaimana mengatasi anak lemas setelah sakit:

1. Berikan Vitamin

Apabila anak mengalami lemas pasca sembuh dari sakit, maka pertolongan pertama yang harus diberikan adalah mencukupi asupan vitaminnya. Suplemen makanan atau vitamin bisa membuat anak lebih bugar, sebab berbagai vitamin yang terkandung sangat bagus untuk meningkatkan energi tubuhnya.

Sementara jika ingin meningkatkan nafsu makan anak, pilihkan vitamin dengan Curcuma. Tetapi kalau ragu, konsultasikan masalah vitamin ini ke dokter supaya mendapatkan asupan vitamin yang tepat agar anak kembali bugar.

2. Tambahkan Susu dan Madu

Manfaat susu dan madu sudah tidak diragukan lagi dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Jadi tak heran kalau campuran susu dan madu yang diberikan termasuk salah satu cara mengatasi lemas pada anak setelah sakit. Bahkan sebagian besar orang memberikan 2 paket asupan bergizi ini mulai dari saat sakit.

Apalagi, setelah sakit seringkali fungsi kecapnya masih belum normal, sehingga makanan berlemak akan terasa pahit. Untuk itu, sungguh tepat jika anak diberikan susu dan madu sebab rasanya tidak berubah.

3. Berikan Asupan Makanan dan Minuman Bergizi

Tidak ada yang cara paling ampuh untuk mengatasi lemas pada anak setelah sakit selain memberikan asupan makanan dan minuman bergizi. Sebab, makanan yang dicerna oleh sistem pencernaan menjadi booster untuk meningkatkan kebugaran tubuh anak. Apalagi kalau minumannya dipilihkan susu atau jus buah. Pastinya anak akan lebih cepat pulih.

Masalah pilihan makanan untuk anak juga harus yang kaya gizi, seperti protein, vitamin, kalsium dan zat besi. Sajian menu sayuran segar atau sop daging biasa jadi pilihan makanan sehat untuk anak yang sedang lemas. Tapi kalau anak masih belum terlalu nafsu makan, orang tua bisa memberikan bubur dengan campuran wortel, bayam, kentang, buncis dan sayuran lainnya.

4. Cukupi Kebutuhan Mineral pada Anak

Anak yang kekurangan mineral tandanya lemas dan mudah lesu. Kondisi ini biasanya terjadi ketika anak baru sembuh dari sakit. Oleh sebab itu, cara mengatasi lemas pada anak setelah sakit adalah mencukupi kebutuhan mineralnya.

Bujuk anak untuk mengkonsumsi air lebih banyak dan minum susu. Cara ini tentu saja sangat membantu meningkatkan energi anak, sehingga tidak lagi lemas dan lesu.

5. Batasi Aktivitas Berlebih pada Anak

Setelah baru sembuh biasanya anak ingin segera yang bermain. Baik main petak umpet atau berlari-lari. Aktivitas ini tentu sangat tidak disarankan ketika anak masih lemas, karena kalau dipaksa berlari bisa terjatuh. Ini sangat mengkhawatirkan jika keinginan anak bermain dibiarkan.

Sebagai gantinya, ajak anak untuk bermain menyusun puzzle atau menggambar. Aktivitas ini tergolong ringan, sehingga kondisi lemas pada anak tidak akan tambah parah.

Itulah 5 cara mengatasi lemas pada anak setelah sakit yang penting bagi orang tua perhatikan agar kondisi anak tidak semakin parah bahkan sakit lagi. Hanya saja, batasi aktivitas bermain supaya tidak berlebihan dan anak bisa segera pulih. Tapi kalau masih belum teratasi juga, maka bisa segera konsultasikan ke dokter masalah anak lemas ini.

 

Baca artikel lainnya di IwanWahyudi.comĀ 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.