5 Cara Mengenal Angka untuk Anak PAUD dengan Berbagai Keseruan

5 Cara Mengenal Angka untuk Anak PAUD dengan Berbagai Keseruan

Mengajarkan angka untuk anak usia dini memang sudah menjadi tugas orang tua selain guru di sekolah. Guru mempunyai beragam cara mengenal angka untuk anak PAUD, tentu bisa ditiru bagi orang tua yang ingin mendampingi proses belajar anak. Sebab, tidak hanya bimbingan guru di sekolah, dukungan dari orang tua langsung pun juga tidak kalah penting untuk meningkatkan perkembangan anak.

Bagi orang tua yang mempunyai anak usia PAUD, menemani proses belajar angka di rumah juga sangat disarankan. Alasannya, orang tua bisa lebih intensif jika dibandingkan saat belajar di sekolah. Dengan begitu, proses belajar anak jadi lebih maksimal dalam mengenal angka. Untuk mengenalkan angka pada anak PAUD di rumah, bisa mengikuti beberapa cara berikut:

1. Gunakan Lagu untuk Mengenalkan Angka pada Anak

Mengenalkan angka lewat lagu pada anak merupakan salah satu cara yang paling mudah diterapkan. Tinggal memutarkan lagu yang liriknya memuat angka-angka. Contohnya lagu Balonku atau Sayang Keluarga. Nyanyikan lagu ini dengan anak sambil memainkan jari supaya dapat memahami angka yang disebutkan berhubungan dengan banyaknya jari yang dimainkan.

Ajak anak usia PAUD bernyanyi bersama dan biarkan perlahan mengikuti lirik lagu lagu yang diputar meskipun belum terlalu fasih. Jika anak sudah bisa menyebutkan beberapa angka, itu artinya proses belajar angka yang diterapkan sudah cukup berhasil.

2. Gabungkan Angka dalam Kegiatan Anak

Angka dapat juga dikenalkan dengan cara menggabungkannya dengan aktivitas sehari-hari anak. Orang tua bisa mulai mengajarkan berhitung angka dengan meminta meletakkan sejumlah buah apel misalnya pada piring. Setelah itu, menyuruhnya untuk menghitung Berapa banyak buah apel yang ada di piring tersebut.

Dengan cara ini, tentu saja anak sudah bisa belajar hubungan kuantitas suatu benda dengan angka. Mudah sekali kan diterapkan untuk sehari-hari di rumah?

3. Tuliskan Angka

Cara mengenal angka untuk anak PAUD selanjutnya dengan menuliskan angka pada kertas. Selanjutnya minta untuk menggambarkan objek yang menunjukkan jumlah dari angka tersebut. Misalnya menulis angka 3, maka minta anak untuk menggambar 3 buah jeruk atau bola.

Teknik menuliskan angka ini bisa di balik, orang tua menggambar objek tertentu dengan kuantitas angka, kemudian anak yang akan menuliskan angka terkait jumlah objek pada gambar. Sebelumnya, tentu saja orang tua membimbing anak untuk menghitung jumlah dari objek pada gambar.

4. Tunjukkan Angka yang Ada di Benda Tertentu

Sempatkan saat sedang bermain bersama anak usia PAUD untuk memintanya menyebutkan jumlah sesuatu yang ada pada benda tertentu menyuruhnya menyebutkan angka pada benda tersebut. Misalnya ketika sedang membaca buku bertema hewan dan dalam buku tersebut ada 5 ekor kelinci. Stimulasi si anak dengan memintanya menghitung banyak kelinci yang ada pada buku tersebut.

5. Manfaatkan Kartu Flash

Cara seru mengenalkan angka pada anak PAUD yang terakhir adalah memanfaatkan kartu flash. Buat kartu tersebut masing-masing sebuah angka dengan menghubungkan titik-titik menggunakan pensil atau alat tulis lainnya. Jika sudah minta anak untuk menghubungkan titik-titik tersebut sampai membentuk sebuah angka.

Lanjutkan keseruan mengenalkan angka dengan mengacak angka yang sudah dibentuk oleh anak, kemudian memintanya menyusunnya kembali. Dalam langkah ini tentu bisa sambil dibantu agar anak tidak terlalu kebingungan. Pastikan proses belajar angka pada anak selalu seru dengan melibatkan cara menyenangkan bagi anak.

Itulah cara-cara seru mengenal angka untuk anak PAUD yang bisa diterapkan di rumah. Apalagi bagi orang tua yang ingin anak belajar lebih intensif lagi selain di sekolah. Sebab dengan sambil mengajarkannya di rumah, maka proses belajar anak jadi lebih cepat dibandingkan anak lainnya. Tentu saja setiap orang tua menginginkan anak berprestasi kan?

 

Baca artikel lainnya di IwanWahyudi.comĀ 

Leave a Reply

Your email address will not be published.