Begini Cara Menghapus File Sampah Di RAM

cara menghapus file sampah di ram

Ponsel menjadi suatu kebutuhan untuk menunjang aktivitas sehari-hari baik untuk bekerja, sekolah, komunikasi, bisnis dan masih banyak lagi. Hanya saja jika penyimpanan RAM ponsel penuh, tentu penggunaan fungsi ponsel akan terganggu. Oleh karena itu, pengguna harus tahu cara menghapus file sampah di RAM.

Dengan mengetahui bagaimana caranya, maka ponsel tidak akan lagi lemot dan bisa digunakan seperti biasa. Segala pekerjaan pun tidak mengalami hambatan karena performa ponsel yang cukup baik. Lantas bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Menghapus Lewat File Manager

Salah satu cara menghapus file sampah adalah dengan menghapus file tidak penting lewat File Manager. Baik itu berupa gambar, video, pdf, dokumen, word dan lain-lainnya bisa langsung dihapus.

Caranya mudah, pergi ke File Manager, kemudian cari file yang  akan dihapus. Lalu klik sampai muncul pilihan potong, salin, hapus, kirim dan lainnya. Pilih hapus, maka secara otomatis file yang dipilih akan terhapus dengan sendirinya. Jumlah file yang dihapus bisa langsung dalam jumlah banyak dengan cara mengklik file-file yang dipilih.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa di Cas Batre Tanam dengan Mudah

2. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Aplikasi tambahan juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghapus file sampah di RAM. Cari Play Store, selanjutnya tulis aplikasi penghapus sampah di RAM. Nantinya akan keluar hasil pencarian, lalu pilih aplikasi yang diinginkan. Lihat kapasitas aplikasi agar dapat disesuaikan dengan sisa penyimpanan ponsel.

Kelebihan memakai aplikasi tambahan bisa langsung membersihkan sampah baik yang terlihat ataupun tidak. Pengguna hanya harus mendownload dan memasangnya dulu di ponsel sehingga membutuhkan data internet. Usahakan untuk berhati-hati saat memilih aplikasi agar tidak berdampak buruk pada Hp karena ada beberapa aplikasi yang tidak cocok dengan merek ponsel tertentu.

3. Menghapus Lewat Pengaturan

Menghapus melalui Pengaturan juga termasuk opsi cara menghapus file sampah di RAM. Cari menu Pengaturan, lalu klik sampai muncul beberapa pilihan. Pilih Manajemen aplikasi dan klik hingga muncul berbagai macam aplikasi yang terpasang di ponsel. Buka satu persatu aplikasinya, lalu pada bagian penggunaan memori, klik hapus cache.

4. Menggunakan micro-SD

Cache yang terlalu banyak dapat membuat RAM ponsel menjadi penuh. Karena itu, menghapus cache bisa mengurangi penyimpanan RAM Hp. Untuk menghapus cache bisa menggunakan micro sd atau yang sering dikenal kartu SD.

BACA JUGA   5 Cara Mengatasi WiFi Lemot di HP Oppo Paling Mudah

Dengan adanya kartu SD, maka penyimpanan di telepon akan berkurang. Selain itu, sampah di RAM ponsel juga akan berkurang. Dikarenakan beberapa file biasanya membawa file cache sehingga akan ikut memenuhi penyimpanan Hp.

5. Menghapus Lewat Galeri

Tanpa disadari kegemaran orang berfoto tentu akan membuat jumlah foto di Hp sangat banyak. Tidak banyak orang yang tahu jika kapasitas gambar tidak selalu kecil, karena terkadang ada yang kapasitasnya besar.

Membersihkan foto tidak terpakai agar dapat menghapus sampah di RAM bisa melalui galeri lalu klik gambar-gambar yang akan dihapus. Setelah di klik gambarnya, langsung klik hapus. Nantinya gambar pun akan hilang dari galeri.

Itulah opsi cara menghapus file sampah di RAM yang dapat direkomendasikan untuk digunakan. Sebelum memilih mana cara yang sesuai, usahakan untuk mencari cara yang cocok untuk ponsel. Pengguna bisa memilih lebih dari satu cara jika satu cara masih belum bisa efektif. Jangan menyimpan file yang tidak penting dan pindahkan ke Drive ponsel agar tidak memenuhi penyimpanan RAM Hp.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *