Inilah Cara Menghubungkan Kamera HP ke HP Lain Tanpa Aplikasi dengan Mudah

cara menghubungkan kamera hp ke hp lain tanpa aplikasi

Cara menghubungkan kamera HP ke HP lain tanpa aplikasi ternyata cukup rumit. Pasalnya, paling tidak harus paham bahasa pemrograman supaya lancar. Berbeda dengan menggunakan bantuan aplikasi penyadap, yang tinggal install dan dijalankan pada kedua perangkat ponsel tersebut.

Menghubungkan kamera di kedua ponsel, memang memberikan manfaat tertentu. Orang-orang yang melakukan cara tersebut, biasanya memiliki tujuan untuk memantau atau keperluan lain. Jika ingin tahu bagaimana langkah-langkahnya tanpa perlu menggunakan tambahan aplikasi, berikut penjelasannya:

Cara Menghubungkan Antar Kamera HP Tanpa Aplikasi

Ada dua cara menghubungkan kamera HP ke HP lain tanpa aplikasi yang dapat dicoba. Meskipun langkah-langkahnya tidak sederhana, jika memang perlu untuk kebutuhan tertentu tidak ada salahnya untuk dicoba. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Menggunakan Alamat IP

Cara pertama untuk menyambungkan antara dua kamera HP, yaitu dengan menggunakan IP Address. Metode ini dirasa lebih aman, karena minim potensi diserang oleh peretas.

Berbeda dengan cara yang memakai aplikasi, dan sangat mungkin terkena efek hack. Tapi sebelum melakukan langkah ini, hendaknya mengecek alamat IP dari masing-masing perangkat terlebih dahulu.

IP Address biasanya muncul pada opsi paling atas di menu Pengaturan ponsel. Jadi bukalah menu tersebut dan catat alamatnya supaya tidak terlupa. Setelah tahu IP Address di kedua HP, ikuti panduan di bawah:

  • Buka kembali menu Pengaturan ponsel.
  • Kemudian masuk ke opsi Privasi dan Keamanan.
  • Pastikan kalau pilihan Izin Lokasi berada di mode aktif. Ini diperlukan untuk mengetahui dan mendeteksi lokasi terkini, sehingga pengguna tahu secara real time.
  • Lalu keluar dari opsi Settings
  • Selanjutnya pilih menu Settings Site.
  • Pada menu tersebut terdapat opsi Cari saja pilihan Permission.
  • Kemudian klik pada menu Location Access dan tap Allow.
  • Langkah berikutnya adalah memasukkan kode peretasan pada HP penerima. Kodenya bisa dicari pada buku dasar pemrograman maupun tutorial Youtube.
  • Kamera antara 2 HP pun akan terhubung.
BACA JUGA   5 Cara Memperbaiki Hp yang Kena Air Supaya Ponsel tidak Rusak

2. Menggunakan Konektor HDMI

Jika menggunakan alamat IP itu bisa menghubungkan kamera HP dari jarak jauh, berbeda dengan cara kedua. Konektor HDMI dapat menyambungkan antara dua perangkat, hanya saja untuk jarak dekat. Penggunaan kabel HDMI pun sebenarnya masih jarang.

Tapi jika ingin cara yang mudah, mulai dengan mencari kabel HDMI di toko-toko online. Harganya beragam, mulai Rp35.000-Rp90.000, tergantung panjang kabelnya. Jika sudah, tinggal mencolokkan kabel tersebut pada lubang konektor.

Fungsi dari kabel HDMI yaitu sebagai konektor micro yang dapat digunakan untuk menyadap aktivitas di HP lain. Jadi bisa dipakai pula untuk menghubungkan kamera di dua ponsel. Kalaupun tidak ada kabel HDMI, dapat diganti dengan USB.

Tujuan Menghubungkan Antar Kamera HP

Sudah pasti cara-cara di atas dilakukan untuk tujuan tertentu. Menghubungkan dua kamera dari ponsel yang berbeda banyak kegunaannya, diantaranya:

1. Melacak Ponsel Hilang

Siapa sangka jika kamera yang saling terhubung dapat melacak ponsel yang hilang. Apabila HP target dicuri atau jatuh, bisa diketahui melalui fitur kamera. Jadi dari HP yang satunya, akan terdeteksi keberadaannya.

BACA JUGA   6 Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas dengan Mudah

2. Memantau Aktivitas Orang Lain

Inilah tujuan yang paling populer dari menghubungkan dua kamera HP, terlebih orang tua. Kamera HP yang satu berperan sebagai CCTV dan satunya dipakai untuk memantau. Jadi meskipun dari jarak jauh, tetap bisa melihat aktivitas anak-anaknya di rumah.

Itulah cara menghubungkan kamera HP ke HP lain tanpa aplikasi. Perlu ketelitian dan pemahaman agar setiap langkah saat menghubungkannya tidak keliru. Selain itu, untuk cara yang menggunakan IP Address harus dibarengi dengan sedikit pemahaman mengenai pemrograman.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *