5 Cara Ngecek RAM Laptop yang Mudah Dilakukan

cara ngecek ram laptop

Saat akan membeli laptop baik dalam kondisi baru atau bekas, biasanya akan melihat berapa kapasitas RAM-nya. Adapun cara ngecek RAM laptop yang bisa dilakukan pengguna secara langsung saat membeli. Atau bisa juga ingin tahu berapa RAM laptop yang digunakan saat ini dengan mengecek menggunakan beberapa cara.

Pasalnya mengetahui berapa jumlah memang penting sebagai bagian dari kinerja perangkat yang digunakan. Jadi, pengecekan RAM sebisa mungkin dilakukan agar tidak mengalami permasalahan nanti ke depannya. Apa saja cara yang bisa dilakukan tersebut?

1. Melihat RAM Laptop Dari Stiker

Pada saat membutuhkan laptop dengan kapasitas besar yang bertujuan agar kinerja bisa lancar, maka bisa dengan mengecek RAM laptop tersebut sebelum membelinya. Pengguna bisa cek dengan melihat stiker yang ada pada laptop secara mudah.

Stiker biasanya diletakkan di badan laptop. Bisa juga diletakkan di sudut kiri atau kanan pada dalam laptop. Cobalah lihat stiker yang ada di laptop tersebut, biasanya terdiri dari spesifikasinya. Jika ingin melihat berapa kapasitas RAM juga tertera di stiker tersebut.

BACA JUGA   5 Penyebab Laptop Asus Tidak Bisa Masuk Windows dan Solusi Lengkapnya

2. Mengecek RAM Laptop dari DxDiag

DxDiag adalah perangkat yang ada pada laptop dan berfungsi untuk menganalisa fungsi program hingga menguji perangkat laptop di dalamnya. Pastinya DxDiag ini menjadi alternatif sebagai cara ngecek RAM laptop yang dipakai. Adapun untuk cek RAM dari DxDiag sebagai berikut:

  • Tekan Windows + R di bagian keyboard laptop pengguna. Akan tertampil menu Run. Pengguna juga bisa buka menu Run di bagian Start dan kolom di taskbar dengan ketik Run.
  • Setelah muncul Run, tinggal masukkan dxdiag dan tap ok, lanjutkan dengan klik enter.
  • Nantinya akan muncul informasi di layar secara detail dengan menampilkan berapa besar RAM laptop yang digunakan.

3. Menggunakan Task Manager

Adanya task manager juga tidak hanya untuk melihat aplikasi yang dipakai di laptop. Tapi juga bisa jadi cara ngecek RAM laptop. Caranya cukup mudah, cobalah ikuti langkah berikut ini:

  • Coba tap tombol Ctrl + Shift + ESC di keyboard laptop bersama-sama. Kemudian tap kanan di bagian taskbar lanjutkan task manager.
  • Berikutnya tap performance, selanjutnya akan muncul informasi di layar dan akan terlihat berapa RAM laptop yang dicek tersebut.
BACA JUGA   Cara Mengembalikan Data yang Hilang di Flashdisk Supaya Berfungsi Normal

4. Memanfaatkan Fitur Control Panel

Jika ingin cek RAM laptop, pada laptop pengguna juga bisa dengan memanfaatkan fitur control panel. Caranya cukup mudah, pengguna tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tap menu start dan tap control panel. Pengguna juga bisa melakukan pencarian di taskbar.
  • Pilihlah menu System and Security dan pilih menu System.
  • Berikutnya pada layar laptop akan muncul informasi kapasitas RAM yang dipasang di laptop pengguna.

5. Melihat RAM Laptop Via Command Prompt

Cek RAM laptop memang bisa dilakukan dengan mudah. Dengan mengetahui berapa kapasitas RAM, bisa juga untuk mengukur kinerja laptop. Adapun langkah mudah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows + R di bagian keyboard laptop dan temukan menu Run.
  • Di bagian menu Run akan ada ikon start dan tinggal klik.
  • Ketik CMD di menu Run dan klik ok, lanjutkan dengan tekan enter.
  • Jika halaman CMD terlihat, lanjutkan ketik systeminfo. Nantinya di layar laptop akan muncul berapa besar kapasitas RAM-nya.

Dengan memahami bagaimana cara ngecek RAM laptop yang mudah dilakukan, maka pengguna bisa mengukur berapa kapasitas RAM yang ada di laptop dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. RAM menjadi bagian penting pada laptop, semakin besar RAM maka performa laptop akan semakin tinggi.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *