Waspadai Ciri Ciri Anak Kekurangan Kalsium, Jangan Sampai Kronis!

Waspadai Ciri Ciri Anak Kekurangan Kalsium, Jangan Sampai Kronis!

Kalsium merupakan salah satu mineral yang mendukung pertumbuhan dan ketahanan tulang. Peran kalsium pada orang dewasa adalah mencegah tulang mengalami osteoporosis dan menjaganya tetap kuat. Sementara pada anak kalsium berperan mendukung pertumbuhannya. Jadi, berhati-hatilah jika ciri ciri anak kekurangan kalsium mulai nampak karena pasti akan mengancam proses pertumbuhannya.

Selain itu, kekurangan kalsium pada anak bisa mengancam kinerja organ jantung dan saraf otot pada tubuh. Tak heran, kalau kekurangan kalsium anak akan lebih mudah lesu dan lemas. Mengingat bahayanya kekurangan asupan kalsium untuk selalu menjaga asupannya pada tubuh. Tapi bagi yang belum tahu ciri-ciri anak kekurangan kalsium, maka simak informasi di bawah ini:

1. Susah Tidur

Tanda anak kekurangan kalsium yang pertama biasanya tidak bisa tidur nyenyak. Seringkali anak mengalami kegelisahan dan kemudian terbangun di tengah malam serta sulit sekali untuk tidur kembali.

Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa jika tidur anak sudah nyenyak, itu artinya kadar kalsiumnya normal. Hal tersebut dikarenakan Kalsium dapat menstimulasi tubuh melepas melatonin, sehingga membuat anak nyenyak saat tertidur.

2. Kram otot

Kram otot juga merupakan ciri ciri anak kekurangan kalsium. Anak yang mengalami tanda ini akan sering mengeluh nyeri pada otot ototnya. Berdasarkan fungsi kalsium tentu wajar jika anak mengalami masalah tersebut karena kalsium merupakan mineral yang dapat menunjang kerja otot.

Umumnya anak akan mengeluh sakit pada paha dan lengan saat bergerak atau berjalan ketika sudah mengalami kram otot ini. Gejala ini tidak menetap artinya kadang sembuh kadang juga kambuh kembali.

3. Kulit Kering dan Kuku Rapuh

Apabila anak sudah mengalami kekurangan kalsium yang kronis bisa memicu kukunya lebih cepat rapuh dan kulitnya kering. Bahkan pada kulit bisa juga disertai gatal. Tidak hanya itu tanda seorang anak sudah sangat kekurangan kalsium pertumbuhan tubuhnya menjadi lebih lambat dibandingkan umumnya.

Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan bagi orang tua jika anak memiliki tanda-tanda kekurangan kalsium. Untuk itu, pastikan sejak awal anak diberikan asupan nutrisi yang cukup terkait kalsium dan vitaminnya. Upaya ini agar kondisi mengkhawatirkan ini tidak terjadi.

4. Gigi Anak Lebih Mudah Berlubang

Mudah berlubangnya gigi anak merupakan salah satu ciri ciri anak kekurangan kalsium. Hal ini dikarenakan ketika tubuh sudah kekurangan asupan kalsium akan menarik kalsium dari anggota tubuh yang menyimpan kandungan tersebut seperti gigi.

Permasalahan ini bisa menyebabkan gusi iritasi, kelemahan akar gigi, kerapuhan gigi serta kerusakan lainnya pada gigi. Bahkan jika masih bayi mana akan terhambat pembentukan giginya. Kondisi ini juga tidak kalah mengkhawatirkan bukan? Jadi ada baiknya untuk segera diatasi dengan memberikan asupan kalsium yang cukup pada anak.

5. Tubuhnya Cepat Lelah Meski Makan Banyak

Jika anak terlihat lebih mudah lesu meskipun porsi makan sehari-harinya banyak, itu menandakan bahwa tubuhnya kekurangan kalsium. Masalah ini bisa membuat belajar anak jadi tidak fokus. Oleh karena itu, wajib bagi orang tua untuk memberikan asupan kalsium yang cukup pada anak. Misalnya dengan memberikan susu, sayur sayuran seperti brokoli dan lain sebagainya.

Upaya pemulihan ini dilakukan agar pertumbuhan anak tidak lamban. Apalagi dalam hal belajar yang sangat berpengaruh dalam perkembangan si kecil di usianya tersebut. Dari itu sangat disayangkan jika asupan kalsium anak tidak terpenuhi.

Itulah ciri ciri anak kekurangan kalsium yang harus diwaspadai oleh orang tua. Jika pada anak sudah muncul tanda-tanda diatas, pastikan untuk segera mengobatinya dengan memberikan makanan sehat yang mengandung kalsium. Pastikan memberi nasi dengan campuran ikan teri, brokoli dan dilengkapi susu untuk mengembalikan kalsium pada darah anak.

 

Baca artikel lainnya di IwanWahyudi.comĀ 

Leave a Reply

Your email address will not be published.