Ketahui Penyebab Hardisk Tidak Terbaca Di BIOS Serta Penanganannya

hardisk tidak terbaca di bios

Bios memiliki peran penting pada sistem komputer, terutama ketika hardisk tidak terbaca di Bios dan menyebabkan masalah serius. Dimana hardisk di komputer bertugas sebagai tempat untuk menyimpan atau biasa disebut sebagai penyimpanan.

Akibatnya, sistem operasi di komputer tidak akan berjalan dengan baik bahkan akan timbul masalah-masalah baru lainnya. Oleh karena itu, Bios yang tidak membaca hardisk harus segera diatasi sebelum memburuk seperti berikut:

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

Penyebab hardisk tidak dapat dibaca disebabkan oleh banyak faktor, baik kerusakan perangkat atau kesalahan penggunanya. Berikut adalah beberapa penyebab maupun alasan yang menjadikan hardisk tidak dibaca oleh Bios yaitu:

1. Salah Saat Memasang Kabel

Kesalahan saat memasang kabel HDD dapat menjadi penyebab hardisk tidak terbaca di Bios. Biasanya ini terjadi karena kabel rusak, putus, mengelupas, terlipat dan masih banyak lagi. Biasanya pengguna akan dapat mengetahui jika ada yang bermasalah dengan kabel karena menyebabkan hardisk jadi tidak bisa dibaca oleh Bios. Mengingat hal ini, sebelum memasang kabel pastikan mengeceknya terlebih dahulu.

BACA JUGA   Apa Perbedaaan Flashdisk dan Flashdive ? Begini Penjelasannya

2. Kerusakan Pada HDD

Salah satu penyebab hardisk tidak terbaca di Bios selanjutnya adalah kerusakan pada HDD. Bisa saja ada bagian dari HDD baik dari dalam atau luarnya yang bermasalah sehingga mengakibatkan Bios tidak dapat membacanya.

Contohnya piringan HDD yang tidak dapat berputar dengan baik atau rusak, tidak memiliki pasokan listrik cukup, adanya kesalahan pada jalur listrik dan lain-lain. Tak heran apabila pengguna harus mengecek HDD terlebih dahulu sebelum digunakan agar tidak terjadi masalah.

3. Penghubung atau Konektor Kotor

Penghubung atau konektor kotor dapat juga menjadi alasan penyebab hardisk tidak terbaca di Bios. Konektor yang berdebu atau ada kotorannya dapat mengganggu sistem yang sedang berjalan sehingga tidak dapat berfungsi lagi atau Bios tidak membacanya.

Inilah yang membuat pemakaian konektor harus benar-benar diperhatikan. Pemilihan konektor harus yang bersih dan dalam kondisi yang bagus untuk dipakai. Pastikan pula memilihnya sesuai kebutuhan perangkat.

4. Kesalahan Saat Penginstalan

Menginstal hardisk harus dilakukan dengan benar dengan memastikan jika motherboard tidak ada bagian yang rusak. Koneksi antara PSU dan motherboard sudah dalam jalur pin yang benar, karena jika salah jalur akan berdampak buruk. Dengan begitu, proses penginstalan hardisk tidak boleh dilakukan secara asal.

Cara Penanganan Hardisk Tidak Terdeteksi Oleh Bios

Ada beberapa penanganan hardisk tidak terbaca yang bisa dilakukan. Mari ketahui apa saja cara untuk menangani HDD tidak terbaca oleh Bios seperti berikut ini:

BACA JUGA   2 Cаrа Rеgіѕtеr Intеrnеt Download Mаnаgеr. Legal dаn Nоn Lеgаl Pаtut Dicoba

1. Bersihkan Kotoran Di Hardisk

Membersihkan kotoran di hardisk dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan hardisk yang tidak bisa sinkron dengan Bios. Untuk membersihkannya dibutuhkan peralatan seperti obeng yang dipakai untuk membuka baut hardisk.

Sediakan pula kain atau lap bersih untuk membersihkan kotoran ataupun debu yang ada di hardisk. Setelah membersihkannya, kemudian pastikan jika baut dipasang kembali dengan benar.

2. Perbarui Bios

Masalah Bios yang tidak membaca hardisk juga dapat dikarenakan Biosnya. Versi Bios yang digunakan pengguna bisa jadi masih versi yang lama sehingga tidak bisa tersinkronkan dengan baik. Memperbarui Bios ke versi terbaru dapat dijadikan solusi dengan mengunduhnya lalu dipasang versi terbarunya di komputer.

3. Penggantian Hardisk

Penggantian HDD dapat menjadi opsi jika kerusakan pada hardisk tidak bisa diperbaiki. Hanya saja saat pembelian HDD baru pengguna harus hati-hati dan memastikan tidak ada masalah pada hardisk tersebut. Belilah hardisk di toko resminya agar tidak mendapatkan barang palsu atau bermasalah.

Itulah alasan hardisk tidak terbaca di Bios dan penanganannya yang dapat diikuti jika butuhkan. Temukan terlebih dahulu apa alasan hardisk tidak terbaca pada Bios, baru mencari tahu langkah-langkah penanganannya. Proses memasang hardisk harus dilakukan oleh orang yang lebih ahli dan mengerti mengenai ini. Jangan gegabah saat membetulkan kerusakan pada hardisk ikuti tata cara yang ada agar tidak terjadi permasalahan lainnya.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *