Kenapa Flashdisk Tidak Terbaca ? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

kenapa flashdisk tidak terbaca

Flashdisk merupakan benda penting digunakan untuk penyimpanan file dan alat transfer ke perangkat komputer atau laptop. Tapi kadang kala kenapa flashdisk tidak terbaca ketika pengguna menghubungkannya pada perangkat? Pastinya harus dipahami dulu penyebabnya dan kemudian bisa mengatasi masalah flashdisk yang tidak terbaca tersebut.

Apalagi jika ada file penting yang harus segera dibuka di perangkat lain atau ingin transfer file. Maka gangguan flashdisk yang tidak terbaca harus segera diatasi agar file yang ada di dalam flashdisk bisa dibuka atau dipindahkan.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Biasanya flashdisk menjadi cara praktis dalam memindahkan file dari komputer ke laptop atau sebaliknya. Namun terkadang flashdisk sudah dipasang tapi tidak terbaca, maka pengguna bisa memahami penyebabnya berikut ini:

1. Proses Eject yang Salah

Jika ingin mencabut flashdisk maka harus dilakukan dengan cara yang benar. Pasalnya jika langsung mencabutnya bisa jadi akan berpengaruh pada kinerja perangkat. Lakukan klik kanan di ikon removable disk di bagian bawah kanan pojok layar dan klik eject, baru cabut flashdisk dari perangkat.

BACA JUGA   Cara Mengembalikan File уаng Tеrhарuѕ Pеrmаnеn dі Lарtор Wіndоwѕ 10

2. Port USB Bermasalah

Biasa jadi ketika flashdisk tidak terbaca disebabkan oleh port USB yang mengalami masalah. Jika ingin memastikan, coba masukkan flashdisk ke perangkat lainnya. Dengan menggunakan port USB lain, maka bisa terlihat flashdisk bisa berfungsi baik atau tidak.

3. Masalah Pada Driver USB

Driver USB yang mengalami masalah akibatnya tidak bisa membaca flashdisk dengan baik. Pengguna tinggal masuk ke Device Management untuk melihat apakah USB tampak normal atau tidak. jika drivernya yang bermasalah maka harus melakukan instal ulang untuk driver USBnya.

Dengan memahami penyebabnya untuk melihat kenapa flashdisk tidak terbaca. Maka pengguna bisa dengan mudah untuk mengatasi flashdisk tersebut dan bisa lancar dalam membuka atau memindahkan file.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Saat pengguna sudah bisa menganalisa sebab dari flashdisk yang tidak terbaca, maka tahapan berikutnya yang bisa dilakukan yaitu mengatasinya. Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca yaitu sebagai berikut ini:

1. Update Sistem Operasi Laptop

Jika pengguna memakai operasi Windows, maka bisa mengatasi flashdisk yang tidak terbaca dengan memperbaharui sistem. Cara ini dianggap membantu flashdisk agar bisa terbaca dan dibuka di laptop. Adapun langkah mudahnya bisa dilakukan berikut ini:

  • Buka Pengaturan.
  • Kemudian pilih update and security.
  • Tap untuk checks for update. Jika pembaruan tertunda, maka bisa unduh dan lakukan restart laptop. Lalu hubungkan kembali dengan flashdisk.
BACA JUGA   7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

2. Gunakan Disk Management Tools

Cara lain untuk mengatasinya bisa dengan melakukan pindai atau scanning flashdisk. Pengguna hanya perlu memanfaatkan disk management tools. Untuk bisa terbaca flashdisknya, maka pengguna lakukan langkah berikut ini:

  • Hubungkan flashdisk di port USB laptop atau PC yang digunakan.
  • Lanjutkan klik kanan di ikon Windows dan tap disk management.
  • Klik kanan dan lanjutkan properties, pilih tools dan gunakan fitur check.
  • Tap untuk scan and repair drive sampai selesai, berikutnya tinggal hubungkan ulang flashdisk.

3. Install Ulang Pengontrol USB

Jika port USB bermasalah, secara otomatis flashdisk juga tidak bisa terbaca. Maka pengguna bisa melakukan langkah mudah berikut ini:

  • Klik bagian logo Windows dan masukkan Device Manager.
  • Pilihlah bagian Universal Serial Bus Controller dan lanjutkan klik kanan.
  • Lakukan uninstall untuk Universal Serial Bus Controller dan lanjuk
  • Tekan restart perangkat.
  • Coba hubungkan flashdisk kembali ke perangkat.

Itulah penjelasan kenapa flashdisk tidak terbaca dan cara dalam mengatasinya agar perangkat bisa terbaca kembali. Lakukan dengan teliti dan tepat sesuai langkah yang ada hingga bisa diakses di perangkat yang digunakan.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *