Kunci Sukses Usaha Online adalah Konsisten

Kunci Sukses Usaha Online adalah Konsisten

IwanWahyudi.com – Kunci Sukses Usaha Online adalah Konsisten. Ini adalah postingan yang saya rangkum dari pengalaman saya menjalani usaha online selama hampir 9 tahun. Ya, tanpa terasa sejak Oktober 2015 saya mulai mengundurkan diri dari tempat kerja untuk fokus bekerja online di rumah.

Pengalaman Saya Kerja Online dari Rumah

Izinkan saya untuk menceritakan tentang bagaimana memulai kerja online dari rumah. Saya akui ini memang bukan hal yang mudah. Dulu, saya juga harus berperang dengan diri sendiri. Belajar untuk mengurangi keraguan dalam hati. Karena awal memulai semuanya saya lakukan seorang diri, tanpa ada teman apalagi komunitas untuk belajar online.

Saya memulainya, Karena sudah ada pengalaman menghasilkan uang secara online selama beberapa bulan. Berdasarkan pengalaman ini, maka saya terus meyakinkan hati saya; saya mampu melakukannya seperti beberapa bulan yang sudah berlalu.

  1. Sebelum Kerja Online dari Rumah

Saat itu kami, saya dan istri sama-sama bekerja. Saya bekerja sebagai staf yayasan di Jakarta Timur, sedangkan istri bekerja sebagai guru di SD Swasta di Bekasi. Saya harus pulang pergi naik motor. Jarak antara rumah kami ke tempat kerja saya 27 km. jadi setiap hari harus menempuh jarak sekitar 54 km dengan motor Honda Supra Vit milik yayasan.

Bagi saya menjalani pekerjaan seperti ini cukup melelahkan. Maka terpikir untuk mencari pekerjaan yang lebih fleksibel dengan harapan seperti sebagain kecil teman yang saat ini bisa tetap punya penghasilan dengan bekerja di rumah.

BACA JUGA   Sekilas tentang SEO yang Harus Diketahui

Saya melihat mereka ini tetap bisa mendapatkan penghasilan rutin setiap bulan, sambil bisa memantau perkembangan anak-anaknya di rumah. Ini yang merupakan hal penting bagi kami, maka dengan berbagai pertimbangan, saya beranikan diri untuk resign. Tidak hanya saya, pada bulan selanjutnya, November 2015, istri saya pun berhenti bekerja, untuk lebih fokus membesarkan dan mendidik anak-anak kami di rumah.

Saat itu kami baru mempunyai 1 anak, dan menempati rumah mertua. Tapi supaya lebih mandiri, maka saya beranikan diri untuk mengambil rumah subsisi di Bekasi Utara. Maka sejak saat itu kami bertiga di rumah. Istri fokus mengurusi 1 anak kami, sedangkan saya mulai mencari peluang mendapatkan penghasilan via online.

  1. Mulai Kerja Online dari Rumah

Beberapa bulan sebelumnya, saya sudah pernah mendapatkan penghasilan via online. Yaitu dengan menjual buku ensiklopedia Islam yang saya jual dengan media blog. Jadi setiap kali ada yang mencari buku ensiklopedia itu di Google, mereka akan mendapati blog saya yang muncul paling atas. Saat itulah mereka biasanya langsung menghubungi nomor kontak saya, konsultasi dan melakukan pembayaran.

Tapi dengan berjalannya waktu orang yang tertarik untuk menjual buku ensiklopedia ini semakin banyak, persaingan makin ketat, ditambah lagi kemampuan daya beli masyarakat yang kian menurun. Maka penjualan buku ensiklopedia Islam ini kian meredup.

Beruntung selain menjual buku ensiklopedia Islam, saya juga punya jasa penulisan buku yang sebagain kliennya juga saya dapatkan via online. Maka untuk selanjutnya, dari sinilah saya bisa mendapatkan sumber penghasilan. Saya juga mulai menjual buku-buku saya sendiri untuk menambah sumber penghasilan setiap bulannya.

BACA JUGA   Mendapat Penghasilan dari Rumah sebagai Blogger. Bagaimana Caranya ?

Saya juga memiliki blog-blog yang saya monetisasi dengan adsense. Ini adalah sumber penghasilan ketiga saya. Untuk sumber penghasilan ketiga ini, saya sangat dituntut untuk konsisten menulis, karena pemilik blog dengan monetisasi adsense ini makin hari makin banyak, jadi yang tidak konsisten posting akan kalah dengan sendirinya.

  1. Konsisten adalah kunci utama

Untuk mendapatkan penghasilan online, kunci utamanya adalah konsisten. Untuk konsisten inilah, maka bagi pemain tunggal seperti saya (yang belum punya karyawan), harus melakukan segala sesuatunya sendiri; mulai mencari kata kunci (keyword) yang banyak pencari, dari menulis artikel, optimasi, hingga closing. Sedangkan yang sudah sukses lebih dulu, biasanya mereka sudah mempunyai karyawan. Mereka biasanya hanya mencari keyword yang tertarget, sedangkan untuk urusan lainnya mereka serahkan pada karyawan.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang Kunci Sukses Usaha Online adalah Konsisten. Jika saya bisa melakukannya, saya yakin kamu pun bisa. Kunci utamanya adalah konsisten dalam melakukan tugas-tugas yang harus dilakukan. Ingat, bekerja online itu biasanya capeknya di depan, harus melakukan banyak hal yang tidak menghasilkan, tapi setelah beberapa waktu; jika postingan kita sudah terindeksi bagus, ada konten kita yang viral, dll semua akan terbayar.

Tertarik untuk bisa dapat kerja online dari rumah ? jika iya, salah satu caranya, kamu bisa gratis belajar caranya dengan membaca-baca artikel yang ada di blog ini.

Semoga bermanfaat.

 

 

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *