5 Penyebab Laptop Asus Tidak Bisa Masuk Windows dan Solusi Lengkapnya

laptop asus tidak bisa masuk windows

Permasalahan laptop jenis Asus yang tidak dapat memasuki Microsoft Windows merupakan hal yang banyak dialami oleh pengguna laptop Asus. Sehingga, menghambat kerja pemakai komputer Asus. Karena tidak bisa digunakan untuk bekerja. Lantas, apa sajakah penyebab laptop asus tidak bisa masuk windows? Berikut ini adalah informasi selengkapnya:

1. Terjadinya Kesalahan Saat Memasang Aplikasi di Windows

Penyebab pertama, yang menjadikan laptop Asus tidak bisa masuk ke dalam Windows adalah terjadinya kesalahan pada saat memasang aplikasi di Windows. Hal itu biasanya disebabkan oleh perangkat lunak yang dipasang di laptop Asus tidak sesuai dengan spesifikasi laptop Asus. Selain itu, kesalahan prosedur dalam memasang aplikasi di laptop Asus.

Akibatnya, menjadikan aplikasi yang diinstal di laptop Asus tidak berfungsi. Hingga akhirnya, membuat perangkat laptop asus tidak bisa masuk ke dalam Windows. Oleh karena itu, ada baiknya jika sebelum menginstal sebuah perangkat lunak periksa dulu kecocokan spesifikasi laptop dengan spesifikasi minimum aplikasi. Lalu ikuti prosedur instalasi dengan benar.

2. Terlalu Banyak Virus yang Menjangkiti Laptop Asus

Alasan kedua, yang menyebabkan laptop Asus kesulitan memasuki windows adalah terlalu banyak virus yang menjangkiti laptop Asus. Karena laptop Asus yang sudah terkena virus akan menyebabkan performa laptop Asus melambat. Hingga akhirnya, laptop Asus menjadi tidak bisa masuk ke dalam Windows. Dengan demikian, pengguna Asus harus membersihkan virus di komputer.

BACA JUGA   Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Agar Berfungsi Sebagaimana Mestinya

Adapun caranya, pertama unduh dan pasanglah aplikasi anti virus yang sudah tersedia di internet sesuai kebutuhan. Setelah selesai melakukan pengunduhan dan instalasi. Selanjutnya, silakan buka software antivirus yang sudah dipasang. Berikutnya, lakukanlah pemindaian komputer Asus dan tunggulah sampai proses pemindaian usai. Langkah terakhir, cobalah hapuskan virus yang ada di Asus.

3. Kegagalan Melakukan Pembaharuan Sistem Operasi Windows di Laptop Asus

Pencetus laptop asus tidak bisa masuk windows, yang ketiga yaitu kegagalan pembaharuan sistem operasi windows di laptop Asus. Pasalnya, ketika pengguna gagal melakukan pembaharuan sistem OS Windows akan mengakibatkan pengguna laptop Asus sulit untuk masuk Windows. Sementara itu, cara mengatasi kegagalan sistem operasi Windows adalah menginstal kembali sistem operasi Windows.

Akan tetapi, pengguna laptop Asus harus mengerjakan proses instalasi ulang dengan benar. Tujuannya, supaya tidak terjadi lagi kegagalan melakukan pembaharuan sistem operasi Windows. Bila perlu pemilik laptop Asus harus minta bantuan teknisi komputer untuk menginstal ulang Windows di laptop Asus.

4. Hard Disk Laptop Asus Mengalami Kerusakan Serius

Penyebab nomor empat, masalah laptop yang tidak dapat masuk ke Windows yakni Hard disk laptop Asus mengalami kerusakan serius. Sementara itu, dampak lain rusaknya hard disk Windows adalah sebagian besar mengalami kerusakan. Hingga akhirnya, tidak bisa dibuka sama sekali. Akhirnya, membuat laptop kesusahan untuk masuk ke Microsoft Windows.

BACA JUGA   5 Cara Mengatur Aplikasi yang Terbuka Otomatis Saat Startup Windows 10

Sedangkan, cara memecahkan masalah tersebut  yakni melakukan pengecekan hard disk laptop Asus. Langkah-langkahnya pasang aplikasi HD Tune. Lalu, seusai membuka softwarnya. Lakukanlah pemidaian sektor buruk pada hard disk. Bila hard disk masih berfungsi akan berwarna hijau terang. Namun, apabila hard disk rusak akan bertanda warna merah. Apabila hard disk rusak, segeralah ganti baru.

5. Ram Laptop Asus Rusak     

Faktor terakhir, yang menyebabkan laptop asus yang tidak bisa masuk ke dalam Windows kemungkinan Ram laptop rusak. Gejala tersebut, ditandai dengan laptop  Asus yang terus-menerus melakukan restart automatic. Bahkan, layar laptop menjadi hitam. Jika menemukan masalah seperti ini. Pengguna laptop Asus hanya tinggal mencopot Ram laptop.

Berikutnya, bersihkan bagian logam Ram Laptop menggunakan karet penghapus pensil. Kemudian, pasanglah kembali Ram laptop Asus dan gunakan kembali. Jika Ram tidak berfungsi coba ganti dengan Ram yang lainnya.

Demikian pembahasan mengenai penyebab laptop asus tidak bisa masuk windows. Informasi tersebut, tentu saja berguna bagi pemakai laptop Asus yang ingin mengatasi masalah laptop Asus yang tidak dapat masuk Windows. Karena sudah ada solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *