Categories
Pembelajar

Pentingnya Ciri Khas bagi Pribadi Pembelajar

Saya kadang berselancar ke beberapa blog yang muncul di halaman pertama google. Manarik memang mengamati blog dengan keberagaman tampilan, penyajian hingga bahasa yang dikemas oleh pemiliknya. Ada yang saya amati konsisten bahkan semakin mendalami bidangnya, tapi tidak jarang ada yang berubah karena “terpengaruh” dengan apa yang sudah diterimanya.

Apa seseorang tidak boleh terpengaruh pada orang lain?

Boleh saja. Tapi kesannya aneh melihat seseorang dengan bahasa yang dulunya sopan, kini berubah, hanya karena terpengaruh dengan bahasa marketing kekinian.

Ada sesuatu yang dipaksakan sepertinya dalam sebuah proses pembelajaran yang dicerna apa adanya. Tanpa menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat kita.

Apakah gaya bahasa saya akan berubah? Insaa Allah tidak. Sejak awal memulia profesi menulis saya sudah punya role dalam berbahasa baik secara lisan dan tulisan. Alhamdulillah bahasa ini bisa diterima oleh banyak klien, baik personal hingga perusahaan. Meski memang saya akui untuk setiap bidang klien saya harus kerja keras untuk mempelajarinya.

Jujur, saya tidak merasa bahasa dan kemampuan menulis saya baik, tapi entah kenapa gaya menulis artikel saya kok plek ditiru oleh sebagian orang di blog mereka. Apalagi di cuplikan akhir setiap tulisan saya seperti ini,

“Artikel ini akan terus mengalami penambahan informasi dan data, karena itu jangan pernah bosan untuk berkunjung ke blog kami.”

Redaksi awalnya seperti itu, tapi setelah dimodifikasi akan berubah sesuai redaksi setiap blognya. Tidak masalah, orang boleh meniru saya, tapi saya tidak akan mudah meniru orang lain, karena saya seorang penulis kreatif. Hehehehe…. Peace.

BERGABUNG BERSAMA KAMI
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Bergabunglah dengan lebih dari 3.000 orang yang telah menerima email rutin dari saya, dan pelajari cara menulis kreatif di sosial media, artikel blog dan buku. Siapa tahu ini bisa menjadi penghasilan sampingan bahkan utama Anda
Email Anda aman bersama kami

By Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *