Penulis Buku Sejarah Perusahaan

Penulis Buku Sejarah Perusahaan

Saya sudah 10 tahun mengelola jasa penulisan dengan spesifikasi sebagai penulis biografi dan ghost writer. Dari beberapa klien, selanjutnya saya ada relasi ke perusahaan. Atas dasar inilah saya bisa membantu beberapa teman penulis yang terbiasa menulis untuk konten perusahaan.

Dalam beberapa hal menulis biografi dan sebagai ghost writer memang lebih fleksibel dibanding harus berkutat dengan konten perusahaan yang harus berhubungan dengan banyak orang dari pihak perusahaan. Saya bukannya tidak mau melakukannya, tapi untuk saat ini saya yang lebih fokus untuk membangun branding sekaligus membantu marketing dalam mendapatkan klien, lebih fokus pada penulisan yang cukup mempertemukan saya dengan satu orang. 

Tapi saat datangnya pandemi, klien personal memang sulit di dapatkan. Sedangkan dari pihak perusahaan masih ada, meski tidak banyak, yang masih membutuhkan bantuan jasa penulisan. misalnya untuk penulisan sejarah perusahaannya. Ya, kebutuhan akan ini tetap ada sesuai dengan milad sebuah perusahaan. 

Satu perusahaan bisa membuat buku sejarahnya sekali atau lebih. Alasannya karena dari waktu ke waktu di perusahaan pasti ada perubahan, baik itu kebijakan, pemimpin bahkan orientasi dan strateginya. Maka wajar jika perusahaan membuat buku sejarahnya lebih dari sekali guna untuk menjelaskan bagaimana sebuah perusahaan berdiri, bertahan dan berkembang dari waktu ke waktu. 

Belajar dari perusahaan yang terus berjalan dengan dinamis inilah, saya pribadi ingin melakukannya juga untuk diri saya. Saya ingin terus berkambang sesuai dengan perkembangan zaman. Meski mungkin nantinya ada keterbatasan untuk menguasai semuanya, setidaknya saya bisa membantu banyak orang sesuai dengan kebutuhannya. Saya kira inilah kelebihan bisnis jasa yang mewajibkan kita untuk memberikan yang terbaik dan mudah diterima oleh masyarakat luas. 

penuliskreatif.net - rapid test PT Bukaka
Kerja tetap semangat, tapi jangan lupa protokol kesehatan. Sebelum meeting, rapid test dulu

Atas dasar inilah maka mulai tahun ini saya mulai untuk membersamai tim dalam penulisan konten perusahaan. Saya ingin ikut berjibaku dalam menghasilkan karya yang dibutuhkan oleh perusahaan yang menggunakan jasa kami. Dan kebetulan projek pertama saya untuk terjun ke penulisan konten perusahaan kali ini adalah penulisan Buku Sejarah 40 Tahun PT Bukaka Tehnik Utama, Tbk. Ini salahsatu perusahaan mantan wakil presiden kita, Bapak Jusuf Kalla.

Buku sejarah perusahaan biasanya ditulis dengan menceritakan bagaimaan awalnya sebuah perusahaan didirikan; siapa saja yang berkontribusi, apa tujuan yang didirikan, bagaimana perjuangan awalnya, bagaimana bisa berkembang dan survive hingga saat ini. Penting juga untuk membahas apa nilai lebih perusahaan dan produk unggulannya yang sudah mendunia. 

Seperti misalnya Bukaka, siapa yang tidak tahu perusahaan besar ini yang garbaratanya hingga saat ini menjadi 5 besar di dunia. Bahkan garbarata buatan Bukaka bisa dibilang menjadi satu-satunya produk yang di ekspor Indonesia ke Jepang. padahal untuk produk lainnya, bisa jadi Jepang menjejali produk-produknya ke Indonesia, karena kita memang membutuhkan untuk impor dari mereka. 

Memang tidak tidak mudah untuk menulis buku sejarah perusahaan, apalagi jika peruusahaan yang kita tulis sudah berskala internasional. Tapi sekali lagi ini adalah ajang untuk belajar untuk bisa meningkatkan kualitas kerja dan kinerja tim penulisan kami. 

 

Baca artikel lainnya di IwanWahyudi.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published.