Ketahui Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi Pada Komputer

penyebab keyboard tidak berfungsi

Keyboard menjadi media yang berguna agar pengguna dapat menulis berupa kata, angka, maupun simbol. Namun ternyata kadang kala perangkat ini tidak bisa dipergunakan sebagaimana mestinya, yaitu seperti keyboard yang mengalami error. Banyak pengguna komputer yang tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab keyboard tidak berfungsi ini. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut:

1. Masalah Tombol Keyboard

Tombol keyboard yang bermasalah menjadi salah satu penyebab mengapa keyboard tidak berfungsi. Contohnya saja keyboard yang tidak sering dibersihkan, tombol yang terus ditekan dan masih banyak lagi. Untuk itu, pembersihan keyboard harus dilakukan pada waktu yang telah ditentukan. Fungsinya agar debu tidak masuk sampai ke dalam sparepart keyboard dan mempengaruhi keyboard.

Namun untuk masalah keyboard yang seolah-olah seperti sedang ditekan harus dibuka terlebih dahulu keyboardnya untuk diperbaiki. Baru dipasang lagi sesuai dengan peletakan sebelumnya agar fungsinya kembali normal. Usahakan saat pengguna keyboard digunakan dengan hati-hati dan jangan kasar agar tidak menekan sendiri.

BACA JUGA   Beberapa Cara Mengembalikan Data Flashdisk yang Terformat Paling Mudah

2. Adanya Permasalahan Di Perangkat Lunak Keyboard

Perangkat lunak keyboard juga dapat menjadi penyebab keyboard tidak berfungsi. Biasanya permasalahan berasal dari driver keyboard, sehingga saat digunakan akan terus mengalami error.

Tanda-tandanya bisa juga dilihat dari adanya error saat memasang aplikasi baru di komputer atau PC. Aplikasi yang baru diinstall akan tiba-tiba keluar sendiri padahal pengguna belum keluar dari aplikasi tersebut.

3. Proses Mematikan Komputer Dari Tombol off

Tombol off memang berguna untuk menghidupkan dan mematikan komputer atau PC. Hanya saja, mematikan tidak melalui shutdown akan menjadi penyebab keyboard tidak berfungsi. Tindakan ini jika dilakukan terus menerus bisa menyebabkan keyboard jadi rusak dan tidak bisa menerima perintah apapun untuk dilakukan.

Oleh karena itu, pemilik harus mematikan komputer lewat shutdown di tombol start dan memberitahu orang lain yang memakai perangkatnya agar mematikannya dengan benar. Dijamin hal ini menghindarkan dari segala permasalahan pada keyboard.

4. Driver Keyboard Yang Tidak Diupdate

Pengguna harus terus mengecek apa bagian di komputer harus ada pembaharuan atau tidak. Ini berguna agar sistem bisa diperbarui menjadi sistem yang lebih baik dari sebelumnya. Sistem lama yang tidak diupdate tentu berakibat pada perangkat yang tidak bisa tersinkronkan dengan software. Update driver keyboard lama ke versi terbaru supaya kinerjanya lebih baik lagi dari sebelumnya.

BACA JUGA   Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Supaya Kembali Normal

5. Fitur Num Lock Dalam Kondisi Hidup

Fitur Num Lock memiliki fungsi akan mengubah keyboard menjadi keyboard numerik, sehingga jika fitur ini diaktifkan akan terjadi masalah di keyboard. Itu dapat terjadi karena ketidaksengajaan, apalagi kurangnya pengetahuan pemilik tentang perangkat yang dimilikinya.

Matikan fitur Num Lock apabila saat dicek permasalahannya karena fitur ini. Cara mematikan fitur ini cukup mudah, yaitu hanya dengan mengklik tombol fn dan Num Lock bersama-sama sekali saja.

6. Terdapat Virus Di Komputer

Dengan adanya virus tentu akan membahayakan komputer, apalagi virus bisa menyerang bagian apapun termasuk keyboard. Komputer harus dipasangi Smadav tujuannya untuk membersihkan virus yang tampak maupun tidak tampak. Update Smadav ke versi terbaru agar komputer tetap terjaga keamanannya dari virus.

Itulah penyebab keyboard tidak berfungsi pada komputer atau PC dan cara mengatasinya yang dapat dijadikan pengetahuan. Sebelum memperbaiki sendiri, alangkah baiknya lihat dulu masalahnya apa mampu diperbaiki sendiri atau tidak. Jika tidak, pastikan meminta bantuan profesional untuk memperbaiki keyboard yang rusak agar tidak ada masalah baru timbul. Matikan keyboard di komputer dan pakai keyboard pasangan jika memang sudah tidak bisa diperbaiki.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *