Inilah Cara Mengatasi Sinyal WiFi Lemah di Android

sinyal wifi lemah di android

Kini harga data internet menjadi naik harganya dikarenakan adanya peningkatan tarif PPN yang dinaikkan. Akibat dari hal ini, orang akan lebih memilih memakai WiFi untuk menghemat kuota. Namun kadang kala sinyal WiFi terasa lemot. Oleh karena itu, orang perlu tahu cara mengatasi sinyal WiFi lemah di Android untuk berjaga-jaga jika mengalaminya.

Dengan mengetahui cara tersebut, tentunya pengguna diharapkan tidak akan mengalami permasalahan saat mengakses WiFi yang ada. Yuk ketahui apa saja cara untuk memperkuat sinyal WiFi di Android seperti berikut:

1. Memperhatikan Casing Handphone

Casing hp tanpa disadari dapat menjadi alasan sinyal WiFi lemah di Android. Dikarenakan hal itu, maka pengguna harus memperhatikan pemilihan dari bahan casing hp yang dipakai. Biasanya casing dari logam yang akan memperburuk sinyal hp.

Pengguna bisa mengeceknya dulu dengan cara mengakses WiFi dua kali, dimana pertama masih menggunakan casing dan kedua tidak. Bandingkan bagaimana sinyal hp saat masih mengenakan casing dan saat tidak mengenakan casing. Lepaskan casing hp jika memang sinyal WiFi lebih baik.

BACA JUGA   Cara Mеmреrbаіkі Memory Cаrd уаng Ruѕаk dі Hр Andrоіd

2. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal. Pertama, buka Play Store, lalu tuliskan WiFi boosters & analyzer di kolom penelusuran dan klik cari. Kemudian muncul hasil penelusuran, lalu pengguna bisa memilih salah satu dan klik install aplikasi.

Masuk ke dalam aplikasi, lalu akan tampil nama-nama WiFi dan kekuatan WiFi juga akan tampak. Pilih nama WiFi yang kekuatan WiFinya sangat kuat sehingga saat dipakai lancar untuk mengakses apapun yang dibutuhkan.

3. Mengupdate Firmware

Mengupdate firmware juga menjadi salah satu cara mengatasi sinyal WiFi lemah di Android. Firmware hp dimungkinkan belum diperbaharui ke versi terbaru sehingga menghambat sinyal WiFi. Untuk memperbaharuinya bisa dengan cara mengupdate sistem atau software. Secara otomatis firmware akan ikut diperbarui ke versi paling terbaru sehingga kinerjanya menjadi lebih baik lagi.

4. Melupakan Jaringan WiFi Yang Dipakai Sebelumnya

Memasangkan WiFi ke Android tentu orang harus menyambungkan jaringan WiFi ke ponsel terlebih dahulu. Namun terkadang beberapa orang lupa untuk mengatur ‘lupakan jaringan’, padahal ini dapat menjadi alasan sinyal WiFi lemah di Android.

Mengatasi ini mudah, pengguna masuk ke Pengaturan WiFi, lalu klik ‘lupakan jaringan WiFi’ yang pernah tersambung dengan ponsel. Selanjutnya akan tampil kembali jaringan WiFi yang belum tersambung dengan ponsel. Klik WiFi yang memiliki sinyal penuh sehingga saat digunakan tidak mengalami gangguan.

BACA JUGA   Cara Mengembalikan Pesan WA yang Sudah Terhapus, Dijamin Berhasil!

4. Menghindarkan Handphone Dari Perangkat Lainnya

Penjauhan hp dari perangkat lainnya seperti elektronik dapat memperbaiki sinyal WiFi. Usahakan saat akan memasangkan WiFi tidak berdekatan dengan perangkat lainnya. Ini karena tanpa disadari perangkat lain akan mempengaruhi jaringan WiFi dan memperlambatnya. Jangan pula memasangkan WiFi berdekatan dengan orang-orang yang juga mencari WiFi.

5. Mengatur Koneksi WiFi

Mengatur koneksi WiFi bisa mencegah sinyal WiFi menjadi buruk dengan cara mengaturnya di Pengaturan WiFi. Pergi ke Pengaturan WiFi, lalu klik nama WiFi yang sudah terhubung dengan Android.

Nantinya akan muncul pilihan seperti scan, WiFi direct, wps pin entry dan advanced, lalu pilih advanced. Di opsi advanced WiFi, lalu centang avoid poor connections untuk mencegah sinyal WiFi menjadi lemah. Cukup mudah dilakukan, bukan?

Itulah cara mengatasi sinyal WiFi lemah di Android jika mengalami kejadian serupa. Cari tahu terlebih dahulu alasan yang menyebabkan sinyal WiFi buruk, baru mencari tahu solusi untuk mengatasinya. Ikuti langkah-langkah penanganan sinyal WiFi buruk dengan benar agar sinyal kembali baik.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *