5 Cara Memecahkan Masalah Windows 10 Tidak Bisa Connect Wifi

windows 10 tidak bisa connect wifi

Masalah komputer Windows 10 yang tidak bisa terkoneksi ke jaringan Wifi adalah suatu hal yang banyak dialami oleh pemakai komputer Windows 10. Alasannya pun bermacam-macam. Namun, salah satunya adalah driver Wifi tidak berfungsi dengan baik. Lalu, bagaimana cara memecahkan masalah  windows 10 tidak bisa connect wifi? Berikut ini penjelasan lengkapnya!

1. Melakukan Pengecekan Driver Wifi di Komputer Windows 10

Tahapan pertama yaitu melakukan pengecekan driver Wifi di komputer Windows 10. Tujuannya, untuk memastikan agar driver Wifi di Windows 10 dapat berfungsi dengan baik. Kemudian, apa saja tahapan mengecek driver Wifi Windows 10? Inilah tahap-tahapnya:

  • Step perdana, klik “manajer perangkat Windows 10.”
  • Langkah selanjutnya, carilah driver Wifi yang terdapat di komputer Windows 10. Misalnya, Intel Band Dual Band Wireless AC 7265.
  • Tahap berikutnya, coba cek tingkat kerusakan driver tekniknya adalah apabila driver Wifi ada penanda tanda seru di driver. Hal itu berarti driver Wifi bermasalah.
  • Proses selanjutnya, silakan melakukan instalasi ulang driver komputer Windows 10. Langkah nomor lima, pengguna Windows 10 harus merestart ulang komputernya.
BACA JUGA   Ketahui Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi Pada Komputer

2. Mereset Perangkat Router Wifi Agar Kembali ke Pengaturan Awal

Cara kedua yang dapat dikerjakan untuk mengatasi masalah Wifi yaitu mereset perangkat router Wifi. Hal itu, bertujuan agar router Wifi kembali ke pengaturan awal agar berfungsi normal. Sementara itu, teknisnya yaitu gunakan benda yang bisa masuk ke dalam lubang. Misalnya, peniti atau kawat.

Selanjutnya, masukan peniti ke dalam lubang router Wifi. Berikutnya, dorong peniti sampai router Wifi kembali ke pengaturan awal. Tahapan penutup, tunggulah hingga router dapat mereset perangkat router dengan baik.

3. Mengubah Saluran Wifi

Solusi ketiga untuk mengatasi masalah windows 10 tidak bisa connect wifi, yaitu mengubah saluran Wifi. Alasannya, agar pengguna Windows 10 dapat mengakses jaringan Wifi dengan lancar. Kemudian bagaimana cara mengubah saluran Wifi di Windows 10? Simaklah penjelasannya di bawah ini:

  • Klik tombol “memulai.” Setelah itu, pilih option “manajer perangkat.”
  • Langkah berikutnya, tentukan driver Wifi yang terpasang di komputer Windows 10.
  • Selanjutnya, klik “properti.” Berikutnya, klik menu “lanjutan.” Setelah itu, silakan ganti poin mode 802.1.1n ke dalam mode nonaktif.

4. Menyalakan Mode Pesawat Sementara Waktu Selama Satu Menit

Cara keempat, yang bisa dikerjakan oleh pengguna Windows 10 agar Wifi bisa kembali diaktifkan pengguna Windows 10 yakni menyalakan mode pesawat sementara waktu. Lalu, bagaimanakah cara mengaktifkan mode pesawat untuk menormalkan koneksi wifi? Mari membaca step-stepnya berikut ini:

  • Step awalan, klik pemberitahuan yang ada di bilah tugas Windows 10.
  • Setelahnya, tekanlah tombol “mode pesawat” sampai berwarna biru terang.
  • Tunggu minimal selama 1 menit saja. Next step, nonaktifkan mode pesawat.
  • Step akhir, nyalakan kembali Wifi di perangkat komputer.
BACA JUGA   5 Cara Install Ulang Windows 8 Bagi Pemula

5. Melupakan Jaringan Wifi

Cara kelima, yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki masalah Wifi yang tidak dapat terkoneksi dengan baik yaitu melupakan jaringan Wifi. Lalu sambungkan kembali koneksi Wifi. Supaya Wifi bisa kembali terkoneksi dengan baik. Lantas, apa saja step untuk Melupakan jaringan Wifi di Windows 10? Berikut ini step selengkapnya:

  • Klik taskbar komputer Windows 10. Setelah itu, tekan pilihan gambar Wifi.
  • Tahap dua, klik tombol sebelah kanan. Kemudian, pilihlah menu “buka jaringan dan settingan internet.”
  • Setelahnya, pilihlah opsi “mengelola jaringan yang sudah dikenali”.
  • Langkah keempat, pilih jaringan Wifi yang tidak berfungsi. Setelahnya, pilih opsi “melupakan”.
  • Tahapan penutup, sambungkan kembali Wifi seperti biasanya.

Demikian pembahasan lengkap tentang cara memecahkan masalah windows 10 tidak bisa connect wifi? Pembahasan tersebut dapat membantu pemakai Windows 10 yang kesulitan menyambungkan Wifi miliknya di Windows 10. Supaya kembali normal.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *