Mendapat Penghasilan dari Rumah sebagai Blogger. Bagaimana Caranya ?

Mendapat Penghasilan dari Rumah sebagai Blogger

IwanWahyudi.com – Mendapat Penghasilan dari Rumah sebagai Blogger. Manusia hidup tentu membutuhkan penghasilan untuk memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Karena itulah sebagian besar manusia memutuskan untuk bekerja di luar rumah, misalnya dengan berniaga atau menjadi karyawan di perusahaan. Tapi ada sebagian kecil dari mereka yang ingin bekerja secara fleksibel dari rumah, misalnya dengan menjadi penulis.

Seputar Penghasilan Seorang Penulis

Pada postingan sebelumnya di blog ini sudah saya jelaskan bahwa untuk menjadi penulis penghasilannya ada du acara. Ada yang mendapatkan penghasilan dari royalty penjualan buku. Tapi ada juga penulis yang mendapatkan fee langsung dari setiap proyek penulisan. Saya adalah type penulis yang kedua. Sudah beberapa kali saya mendapatkan tawaran untuk menulis buku di penerbit, tapi saya tolak. Alasannya klise, saya butuh uang cepat. Jadi setiap kali ada proyek, maka  saya mendapatkan fee dari proyek itu.

  1. Proyek Menulis Buku Tak Selalu Ada

Dengan pilihan saya sebagai penulis freelance yang mengandalkan penghasilan dari fee menulis inilah, maka penghasilan saya hanya saat ada proyek penulisan. Jika tidak ada proyek penulisan, maka anggaran untuk memenuhi kebutuhan harian biasanya menggunakan dana yang tersimpan dari proyek sebelumnya.

BACA JUGA   Blog dengan Pengunjung Jutaan Per Hari

Sampai disini, tentu banyak yang bertanya, bagaimana cara penulis freelance mendapatkan penghasilan lainnya dengan kemampuan menulisnya ? Ada banyak cara, tapi saya pribadi, saya biasa mendapatkan penghasilan dari blog yang saya kelola.

  1. Mengisi Kekosongan dengan Menjadi Blogger

Saat tidak ada proyek menulis, biasanya saya lebih aktif untuk mengisi blog-blog saya. Saya ada beberapa blog, yang secara umum ada 2 macam. Blog jasa untuk menawarkan jasa penulisan, dan blog yang motesisasinya (usaha mendapatkan uangnya) dari iklan adsense. Seperti blog ini misalnya, ini monetisasinya menggunakan iklan adsense. Jadi semakin banyak pengunjung yang datang ke blog ini, kemungkinan penghasilannya semakin besar.

  1. Penghasilan Blogger Cukup Menjanjikan

Seperti profesi lainnya, blogger pun penghasilannya cukup menjanjikan. Tapi untuk menuju pada tahapan itu tentu dibutuhkan kerja keras. Caranya tidak lain dengan menjadikan blog kita disukai oleh pengunjung, bahkan mereka dengan rela datang ke blog kita setiap harinya.

Menjadi blogger sejatinya tidak jauh berbeda dengan Youtuber. Bedanga blogger menawarkan informasi dalam bentuk tulisan, sedangkan Youtuber menawarkannya dalam bentuk video.

BACA JUGA   Apa yang Dibutuhkan Saat Akan Buat Blog?

Jika ada yang mengatakan bahwa era blogger saat ini sudah selesai, hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena hingga saat ini masih banyak masyarakat yang menggunakan blog atau website sebagai sumber referensinya mendapatkan jawaban akan sesuatu yang belum diketahui. Jadi bagi kamu yang tertarik menjadi blogger, coba saja. Bisa jadi kamu menemukan passionmu disini.

  1. Blogger Harus Terus Belajar dan Update Informasi

Bagi saya sebagai blogger bisa dijadikan untuk ajang belajar menulis dan membuat narasi. Bedanya latihan ini juga bisa menjadi investasi ke depannya. Jadi setiap artikel yang saya tulis ini adalah latihan saya untuk terus konsisten menghasilkan tulisan setiap harinya. Jika ada artikel yang banyak dibaca oleh pengunjung blog, maka itu adalah bonus bagi saya, karena saya bisa mendapatkan penghasilan dari itu.

Menjadi blogger juga menuntut saya untuk terus belajar hal-hal baru yang harus saya sampaikan kepada pembaca. Saya juga dituntut untuk terus mengupdate informasi, sehingga tahu perkembangan informasi, khususnya yang sedang terjadi saat ini.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang Mendapat Penghasilan dari Rumah sebagai Blogger.  Artikel ini akan terus berkembang sesuai dengan bertambahnya pengalaman saya menjalani profesi ini. Jadi, jangan ragu untuk berkunjung ke blog ini kapan saja.

 

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *