Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Agar Berfungsi Sebagaimana Mestinya

cara menghilangkan virus di flashdisk

Permasalahan flashdisk yang terkena virus merupakan hal klasik yang sering dihadapi oleh pengguna komputer. Penyebabnya yaitu biasanya adalah flashdisk yang dicolokkan ke berbagai komputer secara bergantian membuat flashdisk rawan terkena virus. Sehingga, harus dibersihkan secara berkala. Kemudian, bagaimanakah cara menghilangkan virus di flashdisk? Berikut ini adalah informasi lengkapnya!

1. Melakukan Pembersihan Flashdisk Memakai Antivirus Terpercaya

Melakukan pembersihan flashdisk yang terkena virus menggunakan perangkat lunak antivirus merupakan suatu cara paling sering dilakukan oleh pengguna komputer. Alasannya, karena hal tersebut sangat mudah dikerjakan pemakai komputer. Lalu, apa saja langkah-langkah melakukan pembersihan flashdisk memakai antivirus terpercaya? Inilah penjelasan selengkapnya:

  • Tahap pertama, unduh antivirus yang di percaya. Misalnya, antivirus Smadav.
  • Setelah selesai mengunduh. Silakan lakukan pemindaian flashdisk secara otomatis.
  • Lalu, apabila proses pemindaian selesai. Klik opsi virus jika ada. Setelah itu tekanlah tombol “fix all” untuk menghapus semua jenis virus.
BACA JUGA   Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca Supaya Kembali Normal

2. Cobalah Menghapus Virus di Flashdisk Pakai Command Prompt

Cara nomor dua yang dapat dilakukan untuk menghapus virus yang menjangkiti penyimpanan flashdisk dapat menggunakan program Command Prompt. Lalu, apakah tahapan yang mesti dikerjakan untuk menghapus semua virus yang ada di flashdisk pakai Command Prompt? Mari membaca informasi selengkapnya di bawah ini:

  • Langkah awal, klik software Command Prompt yang ada di komputer.
  • Step berikutnya, tentukanlah tempat penyimpanan yang dicurigai adanya virus. Contohnya, file (G). Kemudian tekanlah tombol “enter.
  • Setelah itu, tuliskan komando attrib-S-H-R-tanda(*) s/s dan pencetlah tombol “masuk”.
  • Tahap akhir, coba hapuskan virus yang menginfeksi flash disk. Teknisnya, hanya dengan menekan tombol shift dan delete atau dengan komando del nama virus. Exe.

3. Delete Virus yang menempel di Flash Disk Pakai Removal Tools

Cara menghilangkan virus di flashdisk, yang ketiga adalah menggunakan Removal Tools. Karena, Removal Tools sangat efektif  untuk menghapus virus yang ada di flashdisk dengan praktis. Asal, pengguna flashdisk dapat mengidentifikasi jenis virus yang menginfeksi flashdisk. Selanjutnya, bagaimanakah caranya menghilangkan virus flashdisk dengan Removal Tools? Inilah penjelasan selengkapnya:

  • Pertama, tentukan jenis virus yang ada di Flash disk.
  • Selanjutnya, unduh Removal Tool sesuai jenis virusnya seperti, ramware.
  • Kemudian, unduh program Removal Tools. Setelahnya, silakan pindai dan hapus seluruh virus.
BACA JUGA   4 Pеnуеbаb Lарtор Tіbа tіbа Mati. Aра Sаjа ?

4. Membersihkan Virus Flashdisk Dengan Sistem Operasi lain

Proses keempat untuk membersihkan virus yang terdapat di flash disk adalah dengan sistem operasi lain seperti Linux. Karena virus biasanya sering menyerang sistem operasi Windows. Berikutnya, apa saja tahapan untuk membersihkan virus flashdisk dengan sistem operasi lain? Inilah informasinya:

  • Pertama, pasanglah aplikasi Clam TK agar bisa membuat analisa yang menyeluruh tentang virus.
  • Tahapan kedua, memutakhirkan antivirus yang ada di komputer.
  • Lalu, lakukanlah pemindaian komputer dengan antivirus tersebut.
  • Terakhir, silakan hapus semua virus yang ada di flash disk. Selain itu agar pembersihan lebih optimal dengan menginstal pengeditor teks.

5. Melakukan Penghapusan Virus Flash Disk Secara Tetap Dengan Software HDD Low level Format

Teknik yang kelima untuk menghapus virus flashdisk yaitu dengan bantuan software Hdd Low Level. Sebab, perangkat lunak tersebut sangat ampuh memuat virus flashdisk hilang secara tetap. Lantas, bagaimanakah cara membersihkan virus secara tetap dengan Hdd Low Level? Berikut ini penjelasan selengkapnya:

  • Langkah awal, silakan backup dulu data yang ada di flashdisk agar tidak hilang.
  • Setelah itu, unduhlah software Hdd Low Level.
  • Selanjutnya, hubungkan perangkat flash disk ke dalam komputer.
  • Last step, cobalah lakukan proses pemformatan flashdisk agar virusnya menghilang.

Itulah pembahasan mengenai cara menghilangkan virus di flashdisk. Kelima cara itu, sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan virus di flashdisk. Agar flashdisk dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca artikel teknologi bermanfaat lainnya di IwanWahyudi.com

You May Also Like

About the Author: Iwan Wahyudi

Ini adalah blog pribadi Iwan Wahyudi. Seorang Penulis, blogger, Internet Marketer dan self publisher dengan puluhan karya untuk personal dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *